Wabup Garut Hadiri Acara Puncak Peringatan Harlah Satu Abad NU

By: Dinas Komunikasi dan Informatika
Senin, 20 Pebruari 2023
Dibaca: 264

Wabup Garut Hadiri Acara Puncak Peringatan Harlah Satu Abad NU

GARUT, Tarogong Kidul - Wakil Bupati (Wabup) Garut, dr. Helmi Budiman menghadiri acara Resepsi Puncak Hari Lahir (Harlah) Satu Abad Nahdatul Ulama (NU) Tingkat Kabupaten Garut, dilaksanakan di Sarana Olahraga (SOR) R.A.A. Adiwijaya, Ciateul, Jalan Proklamasi, Kecamatan Tarogong Kidul, Kabupaten Garut, Minggu (19/2/2023).

Wabup Garut mengungkapkan, Presiden RI, Joko Widodo pernah menyampaikan bahwa Indonesia akan menyambut generasi emas di tahun 2045, di mana saat ini Indonesia memiliki waktu sekitar 20 tahun untuk menjadikan Indonesia Emas. Maka dari itu, imbuhnya, seluruh pihak harus menyambut kejayaan Indonesia, sebagai gabungan dari kekuatan-kekuatan yang ada pada bangsa Indonesia.

"Kalau lah kita mendeklarasikan kejayaan Indonesia, maka sesungguhnya kita bangga, kita semua bangga, karena ternyata deklarasi kekuatan bangsa Indonesia pada hari ini di deklarasikan oleh Nahdlatul Ulama, karena kalau kita lihat Bapak Ibu sekalian dalam tema puncak Harlah NU hari ini adalah Mendigdayakan NU, Menjemput Abad Kedua," ucap Wabup Garut.

Ia juga mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada NU, yang telah bermitra dengan pemerintah dalam membangun bangsa, di mana dalam membangun bangsa ada satu hal yang sangat diperlukan dan penting yaitu akhlakul karimah.

"Nah, karena Nahdlatul Ulama melalui pesantren-pesantrennya adalah yang paling depan menjaga akhlakul karimah, menjaga akhlak bangsa, maka kami harus sangat berterima kasih kepada Nahdlatul Ulama," tuturnya.

Ia menuturkan, bahwa pemerintah daerah harus memberikan perhatian terhadap pesantren, demi mewujudkan generasi yang berakhlakul karimah. Ia juga bersyukur, melalui kerja keras anggota DPRD Kabupaten Garut, kini Pemerintah Kabupaten Garut telah memiliki peraturan daerah terkait pesantren yang di dalamnya terdapat keharusan dan kewajiban pemerintah daerah untuk memperhatikan pesantren.

"Kami sangat perhatikan pak Kyai, pesantren maupun kegiatan-kegiatan lainnya yang terkait dengan pembinaan akhlakul karimah," ujarnya.

Sementara itu, Ketua Pengurus Wilayah Nahdatul Ulama (PWNU) Jawa Barat, KH. Juhadi Muhammad, mengungkapkan, peringatan satu abad NU ini merupakan kegiatan harlah yang luar biasa, tidak seperti harlah-harlah seperti biasanya. Ia berharap, kegiatan harlah ini tidak hanya pelaksanaan ceremonial, akan tetapi dapat memberikan manfaat khususnya pada warga NU, dan umumnya kepada bangsa dan negara.

"Ketika Nahdlatul Ulama di Indonesia, Nahdlatul Ulama di Jawa Barat ini semakin kokoh, semakin kuat, maka sesungguhnya keberadaan Nahdlatul Ulama adalah membantu pemerintah," tuturnya.

Ia juga meyakini, bahwa kebangkitan NU melalui peringatan satu abad Nahdatul Ulama tidak hanya terasa di Kabupaten Garut, namun juga di terasa di seluruh Jawa Barat.

Di tempat yang sama, Ketua Pengurus Cabang Nahdatul Ulama (PCNU) Kabupaten Garut, KH. Atjeng Abdul Wahid, mengungkapkan bahwa di usia NU yang ke satu abad, PCNU Kabupaten Garut memiliki keinginan besar yaitu nantinya di abad ke dua, NU harus memelihara, mengurus, dan membangun peradaban.

"Oleh karenanya Alhamdulillah kedatangan para almukarom dari PWNU Jawa barat, insya Allah Garut mudah-mudahan bisa menjabarkan yang maksimal, Amin Ya Allah Ya Robbal Alamin," tuturnya.


Wakil Bupati Garut, dr. Helmi Budiman menghadiri acara Resepsi Puncak Hari Lahir (Harlah) Satu Abad Nahdatul Ulama (NU) Tingkat Kabupaten Garut, di SOR R.A.A. Adiwijaya, Ciateul, Jalan Proklamasi, Kecamatan Tarogong Kidul, Kabupaten Garut, Minggu (19/2/2023). (Foto: Muhamad Azi Zulhakim/ Ilham Kautsar Prawira/ Diskominfo Garut)

------------------------

Penulis : Nindi Nurdiyanti 

Penyunting : Yanyan Agus Supianto




Komentar
Isi Komentar