REGULATOR BOCOR MENJADI PENYEBAB KEBAKARAN DAPUR

By: Dinas Pemadam Kebakaran
Senin, 08 Pebruari 2021
Dibaca: 1198

Kejadian kebakaran merupakan bencana yang bisa terjadi kapanpun. Seperti halnya kebakaran dapur disebuah rumah Kampung Suka Sirna, RT 03 RW 02, Desa Salam Nunggal, Kecamatan Leles, Kabupaten Garut yang terbakar pada Selasa siang (08/02/2022) sekitar pukul 10.45 WIB. Dinas Pemadam Kebakaran (Disdamkar) langsung merespon laporan tersebut dengan menurunkan 1 unit kendaraan pemadam, yaitu 1 unit kendaraan pancar.

Pemilik rumah, Aip Saepudin (L) (45) mengatakan bahwa api muncul akibat kebocoran gas lalu merambat dan membakar ruangan dapur. Kepanikan terjadi karena rambatan api menjalar begitu cepat.
Berselang 1 jam kemudian, api berhasil dipadamkan oleh petugas. Tidak ada korban jiwa maupun korban luka dalam kejadian ini.

Total luas bangunan terbakar sekitar 12 meter persegi. Akibat kejadian ini, pemilik rumah harus menelan kerugian sekitar 3 juta rupiah. Adapun warga setempat turut membantu dalam penanganan ini. Hingga saat ini penyebab kebakaran masih dalam proses penyelidikan pihak berwenang.

Kepala Bidang Operasi dan Penyelamatan, Syam Sumaryana mengatakan bahwa kewaspadaan terhadap bahaya kebakaran harus ditingkatkan, apalagi kebakaran tidak mengenal waktu.

"Pemeriksaan rutin benda benda yang berpotensi menjadi penyebab kebakaran seperti regulator gas, terminal listrik dll. Adapun faktor penyebab, seperti penggunaan kompor saat memasak, instalasi listrik yang tidak sesuai dan keberadaan bahan mudah terbakar di dalam rumah. Tingkat kewaspadaan harus ditingkatkan untuk mencegah terjadinya kebakaran". Pungkasnya.


(M Fajar Aditya Siregar/Disdamkar)




Komentar
Isi Komentar