Pemkab Garut Buka 200 Formasi CPNS Tahun 2024, Seleksi Dibuka Mulai 20 Agustus

By: Dinas Komunikasi dan Informatika
Selasa, 20 Agustus 2024
Dibaca: 7595

Pemkab Garut Buka 200 Formasi CPNS Tahun 2024, Seleksi Dibuka Mulai 20 Agustus

JAKARTA -- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Garut resmi membuka 200 formasi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Tahun 2024. Informasi ini disampaikan oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Garut, selaku Ketua Panitia Seleksi Daerah (Panselda), Nurdin Yana, yang juga tertuang dalam Surat Pengumuman Nomor: 800.1.2.2/03/PANSELDA/2024, yang dikeluarkan pada Senin (19/8/2024).

Menurut Nurdin Yana, formasi CPNS yang dibuka kali ini merupakan hasil dari usulan yang diajukan Pemkab Garut sejak jauh hari. Ia menjelaskan bahwa Pemkab Garut mengajukan dua kategori penerimaan, yaitu CPNS dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK). Namun, untuk tahun ini, seleksi hanya akan dilakukan untuk CPNS terlebih dahulu.

Dari 200 formasi yang tersedia, 20 di antaranya diperuntukkan bagi tenaga kesehatan, sementara 180 formasi lainnya untuk tenaga teknis. Nurdin menegaskan bahwa persyaratan pendaftaran masih sama seperti tahun-tahun sebelumnya dan dapat diakses melalui situs resmi BKD Kabupaten Garut atau garutkab.go.id.

"Untuk persyaratan saya kira ini sifatnya umumlah dari tahun ke tahun hal yang sama, tinggal lihat aja di link atau di web BKD atau di web Garutkab, insya Allah di situ juga ada, saya kira seperti biasa," ujar Nurdin, di Jakarta, Senin (19/8/2024).

Seleksi CASN tahun ini akan melalui tiga tahapan utama, yaitu seleksi administrasi, Seleksi Kompetensi Dasar (SKD), dan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB). Pendaftaran akan dibuka mulai Selasa, 20 Agustus 2024, hingga 6 September 2024.

Nurdin memastikan proses seleksi akan berlangsung transparan dengan menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT), di mana hasil tes dapat dilihat langsung oleh peserta setelah tes selesai. "Nilai tes ini bisa dilihat oleh siapapun, sesuai dengan kualifikasi yang dimiliki. Semua proses ini akan berlangsung transparan," ujar Nurdin.

"Jadi (nilai) tes ini bisa dilihat oleh siapapun, sesuai dengan kualifikasi yang dia miliki, artinya percayalah semua ini kita ini semua akan transparan, semua bisa melihat , kemudian hati-hati check and recheck tiap perkembangan yang ada, sehingga kita bisa melihat sejauh mana posisi kita, lamaran kita diterima atau masuk tidaknya, dengan melihat di web perkembangannya," ucapnya.

Nurdin berharap seleksi ini dapat menghasilkan CPNS yang memiliki kapasitas pengetahuan, perilaku, dan keterampilan psikomotorik yang baik, sehingga mampu menjadi pilar yang mendukung pemerintah dalam memenuhi kebutuhan masyarakat.

"Saya kira itu yang kita harapkan, sehingga nanti dia akan menjadi pilar yang akan membantu pemerintah, atau akan menempatkan dirinya sebagai pemerintah yang akan selalu hadir di tengah-tengah kebutuhan dan keperluan masyarakat," harapnya.

Untuk informasi lebih lanjut, masyarakat dapat mengakses laman resmi BKD Kabupaten Garut di https://bkd.garutkab.go.id. atau https://garutkab.go.id


Caption :

Sekda Kabupaten Garut, selaku Ketua Pansel Daerah Pengadaan CPNS Tahun 2024, Kabupaten Garut, Nurdin Yana. (Foto : Dok. Diskominfo Kab. Garut).

Penulis : Muhamad Azi Zulhakim

Penyunting : Yanyan Agus Supianto




Komentar
Isi Komentar