Pengelolaan Data Statistik Sektoral Garut Berbuah Penghargaan Anindhita Wistara 2024

By: Dinas Komunikasi dan Informatika
3 jam yang lalu
Dibaca: 4

Pengelolaan Data Statistik Sektoral Garut Berbuah Penghargaan Anindhita Wistara Data 2024

JAKARTA - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Garut kembali mencatat prestasi dengan meraih Penghargaan Anindhita Wistara Data Tahun 2024 dari Badan Pusat Statistik (BPS). Penghargaan tersebut diterima oleh Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Garut, Margiyanto, dalam acara Anugerah Hari Statistik Nasional 2024 yang berlangsung di Grand Mercure Kemayoran, Jakarta, pada Kamis (26/9/2024).

Acara tersebut dihadiri oleh Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia, Tito Karnavian, Wakil Ketua Komisi XI DPR-RI Amir Uskara, serta Plt. Kepala BPS, Amalia Adininggar Widyasanti.

Pemkab Garut berhasil mendapatkan penghargaan tersebut setelah melalui Evaluasi Penyelenggaraan Statistik Sektoral (EPSS) yang dilakukan BPS, di mana Indeks Pembangunan Statistik (IPS) Kabupaten Garut pada 2024 mencapai angka 2,86 dengan predikat "Baik". Angka ini mengalami peningkatan sebesar 0,02 poin dibandingkan dengan tahun sebelumnya, yang berada di angka 2,84.

"Alhamdulillah, Kabupaten Garut mendapatkan penilaian baik untuk penyelenggaraan statistik sektoral dan mengalami peningkatan. Ini adalah hasil kerja keras bersama dan kami berharap ini menjadi motivasi untuk terus memperbaiki tata kelola statistik sektoral ke depannya," ujar Margiyanto seusai acara.

Ia juga mengucapkan terima kasih kepada BPS Kabupaten Garut atas kolaborasi dan dukungan yang telah diberikan, serta berharap sinergi ini dapat terus ditingkatkan untuk memperkuat pengelolaan data statistik sektoral di Kabupaten Garut.

Margiyanto menambahkan bahwa pengelolaan data statistik sektoral bukan hanya soal nilai EPSS, tetapi bagaimana data tersebut dapat digunakan secara efektif dalam mendukung pembangunan daerah. 

"Bukan hanya sekedar nilai EPSS-nya, tapi data yang dihasilkan pun dapat dikelola dengan baik, sebagaimana tadi yang disampaikan oleh Pak Mendagri bahwa di tahun 2025 itu ada perhatian khusus terkait dengan pengelolaan data statistik sektoral,"ucapnya.

Dengan perhatian khusus ini, imbuhnya, diharapkan semakin menguatkan atau menjadi kunci di dalam pengambilan keputusan dalam kerangka penetapan kebijakan yang akan dilaksanakan oleh pemerintah daerah.

“Seperti yang disampaikan oleh Pak Mendagri, di tahun 2025 pengelolaan data statistik sektoral akan menjadi kunci dalam pengambilan keputusan kebijakan daerah,” tambahnya.

Di kesempatan yang sama, Kepala BPS Kabupaten Garut, Nevi Hendri, memberikan ucapan selamat atas penghargaan yang diraih Kabupaten Garut. Menurutnya, penghargaan ini adalah refleksi dari pembinaan yang baik terhadap produksi data sektoral, yang diharapkan semakin meningkat di masa mendatang.

"Penghargaan ini kan merefleksikan bahwa pembinaan sudah dilakukan dengan cukup baik dan perlu kita tingkatkan yang pada ujungnya adalah bagaimana kita dapat mengawal setiap produksi data sektoral yang lebih baik lagi," tandasnya.


Caption :

Kepala Diskominfo Kabupaten Garut, Margiyanto, menghadiri acara Anugerah Hari Statistik Nasional 2024 yang dilaksanakan di Grand Mercure Kemayoran, Jakarta (26/9/2024). (Foto : M. Azi Zulhakim/Diskominfo Kab. Garut).

Penulis : Muhamad Azi Zulhakim

Penyunting : Yanyan Agus Supianto




Komentar
Isi Komentar