Korpri dan Bank BJB Salurkan Bantuan Rp100 Juta untuk Penyintas Gempa

By: Dinas Komunikasi dan Informatika
3 jam yang lalu
Dibaca: 3

Korpri dan Bank BJB Salurkan Bantuan Rp100 Juta untuk Penyintas Gempa

GARUT, Tarogong Kidul - Dalam Rapat Koordinasi Penanggulangan Bencana Gempa yang berlangsung di Aula Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Garut, diserahkan bantuan senilai Rp100 juta untuk penanganan darurat gempa bumi. Bantuan ini berasal dari Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Garut yang berkontribusi melalui Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri) sebesar Rp50 juta, serta dari Bank BJB Cabang Garut yang turut menyumbangkan Rp50 juta.

Didit Fajar Putradi, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) sekaligus Ketua Korpri Kabupaten Garut, menyampaikan bahwa ASN melalui program Korpri Berbagi secara konsisten membantu masyarakat yang membutuhkan termasuk terdampak bencana. Melalui Korpri Berbagi inilah donasi dikumpulkan dari berbagai unit kerja.

"Melihat antusiasme teman-teman ASN kita berkontribusi, berdonasi, besar kecilnya relatif semuanya digabung-gabungkan gitu, jadi unit-unit kerja itu mengirimkan ke nomor rekening Korpri berbagi," ucapnya.

Lebih lanjut, Didit menjelaskan bahwa setelah memberikan bantuan sebelumnya untuk penanganan bencana kekeringan, Korpri masih memiliki saldo sekitar Rp40 juta. Dana ini kemudian terkumpul hingga lebih dari Rp60 juta yang hari ini disalurkan untuk penanganan tanggap darurat gempa bumi.

Selain bantuan finansial, Korpri juga telah mengoperasikan dapur umum untuk memenuhi kebutuhan penyintas gempa. Didit menegaskan bahwa posko dan pelayanan pemerintah terus bergerak membantu masyarakat yang terdampak, sambil menunggu proses dukungan lebih lanjut dari pemerintah daerah.

"Ini adalah bentuk kehadiran pemerintah daerah di tengah masyarakat terdampak gempa bumi," tutup Didit.


Caption :

Ketua Korpri Kabupaten Garut dan Kepala Bank BJB Cabang Garut menyerahkan bantuan untuk penyintas gempa, di Kantor  BPBD Kabupaten Garut, Jalan Terusan Pahlawan, Kecamatan Tarogong Kidul, Kabupaten Garut, Senin (23/9/2024). (Foto: Deni Seftiana/ Diskominfo Kab. Garut)

Penulis :  Nindi Nurdiyanti & Muhamad Azi Zulhakim 

Penyunting : Yanyan Agus Supianto




Komentar
Isi Komentar