ORARI Lokal Kabupaten Garut Gelar Musyawarah XV Tahun 2024

By: Dinas Komunikasi dan Informatika
2 jam yang lalu
Dibaca: 3

ORARI Lokal Kabupaten Garut Gelar Musyawarah XV Tahun 2024

Drs. Satriabudi, M. Si. (YD1KWR ) sebagai Ketua Orari Lokal Kabupaten Garut Masa Bakti 2024-2027

GARUT, Garut Kota - Organisasi Amatir Radio Indonesia (ORARI) Lokal Kabupaten Garut menggelar Musyawarah XV/2024 di Mustika Resto & Garden Party, Kelurahan Muara Sanding, Kecamatan Garut Kota, pada Minggu (22/9/2024).

Ketua ORARI Lokal Kabupaten Garut, Yayat Hidayat, menjelaskan bahwa kegiatan musyawarah ini merupakan amanat dari Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART). Masa jabatan kepengurusan ORARI Lokal berlangsung selama tiga tahun kepengurusan periode 2021-2024.

"Musyawarah ini adalah pertama untuk menilai pertanggung jawaban pengurus ORARI Lokal Kabupaten Garut Masa Bakti 2024. Yang kedua adalah, membuat program umum ORARI Lokal yang akan dilaksanakan oleh pengurus berikutnya," ujar Yayat 


Dalam musyawarah ini juga diadakan pemilihan Ketua dan Pengurus DPP (Dewan Pengawas dan Penasehat) Orari Lokal Garut. Yayat menegaskan, program yang disusun dalam musyawarah ini akan menjadi panduan bagi pengurus baru agar sesuai dengan AD/ART ORARI. Ia juga menyebutkan bahwa setelah terpilihnya ketua, pengurus baru akan diusulkan kepada ORARI Jawa Barat untuk dikukuhkan.

"Nanti setelah dipilih jadi ketua, karena memang pengurus itu hak prerogatif ketua, nanti diusulkan melalui Orari Jawa Barat untuk pengukuhannya. Nanti dikukuhkan berdasarkan keputusan Orari Jawa Barat," ungkapnya.

Di sisi lain, Yayat menyinggung peran ORARI  dalam bidang kemanusiaan, terutama dalam mendukung Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Garut melalui bantuan komunikasi saat terjadi bencana. 

"Makanya kita kerja sama dengan BPBD itu adalah meningkatkan kemampuan keterampilan kita dalam rangka memberikan dukungan komunikasi," lanjutnya.

Ia menambahkan, bahwa ORARI selalu terjun langsung dalam memberikan bantuan jika terjadi sebuah bencana. Salah satunya adalah ketika terjadi bencana tsunami Aceh, pihaknya juga terjun langsung di lapangan.

Terakhir, ia berharap pelaksanaan musyawarah ini dapat menghasilkan kepengurusan serta program umum yang dapat dijalankan oleh kepengurusan berikutnya. Selain itu, ia juga berharap ORARI Lokal Kabupaten Garut dapat semakin maju ke depannya.

Ketua ORARI Daerah Jawa Barat, Yana Koryana, yang turut hadir dalam acara ini, menjelaskan bahwa ORARI di setiap kabupaten/kota dikenal dengan nama ORARI Lokal dan wajib melaksanakan musyawarah tiga tahun sekali. Ia menambahkan bahwa ORARI berkolaborasi erat dengan pemerintah daerah, di mana Bupati bertindak sebagai pembina dan Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika sebagai pembina teknis.

"Jadi setiap Orari Lokal ini kan kepengurusannya kita mengistilahkan heterogen ya, jadi kita menjalin kerja sama dengan pemerintah daerah," ucapnya.

Yana menyebut ORARI sebagai organisasi hobi yang bersifat non-economic. Ia berharap kepengurusan baru dapat mengemban amanah dengan baik dan menjalin kerja sama erat dengan pemerintah daerah, serta membawa ORARI Kabupaten Garut menjadi yang terbaik di Jawa Barat.

Hasil Musyawarah XV ORARI Lokal Kabupaten Garut ini terpilih Drs. Satriabudi, M. Si. (YD1KWR ) sebagai Ketua Orari Lokal Kabupaten Garut Masa Bakti 2024-2027.

Sedangkan Dewan Pengawas dan Penasihat sekengkapnya sebagai  berikut : 

Susunan Dewan Pengawas dan Penasehat (DPP) dan KETUA ORARI Lokal Kabupaten Garut Masa Bakti 2024-2027:

1. H. KUNDRAT NUGRAHA-YC1AAV : Ketua merangkap anggota

2. Drs. H.YAYAT HIDAYAT-YB1BB : Sekretaris merangkap anggota

3. Drs. H.TRISNA SETIAWAN-YB1PT :Anggota

4. H. TOMMY KUSTANDI-YC1FCM : anggota

5. H. JAHID ALFARISI M. -YD1GKL : Anggota

6. H. DENI BUDIMAN-YD1EVM : anggota

7. AGUS PERMANA-YG1AGU : Anggota


Caption :

Pelaksanaan Musyawarah ORARI Lokal Kabupaten Garut XV/2024 yang berlangsung di Mustika Resto & Garden Party, Kelurahan Muara Sanding, Kecamatan Garut Kota, Kabupaten Garut, Minggu (22/9/2024).

(Foto: Sofyan Fauzi/ Febri Noptageri/ Diskominfo Kab. Garut)

Penulis :  Nindi Nurdiyanti 

Penyunting : Yanyan Agus Supianto




Komentar
Isi Komentar