Dinsos Jabar Laksanakan Bimbingan Untuk KPM Bansos KUBE di Garut

By: Dinas Komunikasi dan Informatika
Selasa, 25 Mei 2021
Dibaca: 471

GARUT, Garut Kota - Dinas Sosial (Dinsos) Provinsi Jawa Barat bekerjasama dengan Dinsos Garut melaksanakan bimbingan bagi Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Bantuan Sosial (Bansos) Kelompok Usaha Bersama (KUBE) di Kelurahan Margawati, Kecamatan Garut Kota, Kabupaten Garut, Senin ( 24/05/2021).

Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Bidang (Kabid)Penanganan Fakir Miskin Dinsos Jabar, Marwini, Kepala Dinsos Garut,  Ade Hendarsyah, yang didampingi unsur pimpinan di Dinsos Garut, serta perwakilan dari Kelurahan Margawati dan Kelurahan Sukanegla, Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK), dan pendamping kelurahan. 

Marwini menuturkan, kegiatan sehari ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman KPM Calon Penerima Bantuan Sosial KUBE terkait komitmen serta kesiapan dalam pelaksanaan KUBE kedepannya.

Sementara itu, Kadinsos Garut, Ade Hendarsyah menyampaikan, bahwa penentuan jenis usaha bagi kelompok bersifat buttom-up yaitu berdasarkan pada kemampuan serta kearifan lokal wilayah tersebut sehingga tingkat keberlangsungan program diharapkan akan semakin baik. "Di sini jenis usahanya beragam, ada usaha warungan, berjualan bakso cuankie hingga ternak domba," ujar Ade.

Ia berharap pelaksanaan bimbingan  yang melibatkan 50 orang KPM ini mampu menciptakan komitmen dan kesiapan KUBE ini. “Melalui bekal informasi yang disampaikan oleh narasumber dari PT. BJB dan PT. Agro Jabar mengenai pengelolaan usaha tersebut, harapan bersama terhadap pelaksanaan program ini yaitu terciptanya komitmen dan kesiapan kelompok sehingga terciptanya motivasi menjaga keberlangsungan program bersama.” Pungkasnya.




Komentar
Isi Komentar