Bupati Garut : Kemiskinan Esktrem di Kabupaten Garut Harus Diselesaikan Secara Sistematis

By: Dinas Komunikasi dan Informatika
Jumat, 17 Pebruari 2023
Dibaca: 241

Bupati Garut :   Kemiskinan Esktrem di Kabupaten Garut Harus Diselesaikan Secara Sistematis

GARUT, Tarogong Kidul – Dalam perjalanan panjang Kabupaten Garut selama 210 tahun, harus diakui dan menjadi perhatian bersama bahwa kemiskinan masih nampak ada di depan mata, apalagi saat ini terdapat irah-irah kemiskinan esktrem di Kabupaten Garut, yang harus diselesaikan secara sistematis.

Dalam sambutannya di hadapan pimpinan dan anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Garut, Bupati Garut, Rudy Gunawan, mengajak Pimpinan dan anggota DPRD untuk bersama-sama menjawab berbagai persoalan, termasuk kemiskinan.

“Tentu persoalan persoalan yang telah kita (atasi) dan akan selalu menjadi bagian dari tugas kita akan kita kerjakan secara bersama sama baik dilakukan melalui politik anggaran yang telah kita laksanakan selama ini, dan juga adalah bagaimana fungsi-fungsi pemerintah daerah dan fungsi fungsi legislatif melaksanakan program dan kegiatan untuk bisa memastikan program sampai ke masyarakat,” ujarnya dalam Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Garut Masa Sidang I Tahun Sidang 2023 dalam rangka memperingati Hari Jadi ke-210 Kabupaten Garut Tahun 2023, di Ruang Rapat Paripurna DPRD Garut, Jalan Patriot, Kecamatan Tarogong Kidul, Kabupaten Garut, Kamis (16/2/2023).

Bupati Garut mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada anggota DPRD Kabupaten Garut yang telah melaksanakan rapat paripurna istimewa dalam rangka HJG ke-210. HJG ke-210  tahun ini mengusung tema “Purnamakarya Rucita Wibawa”.

“Tahun yang ke-210 saat ini yang mengambil lain Purnamakarya Cipta Wibawa dengan mengedepankan prestasi, kegembiraan, dan juga empati memberikan arti khusus bagi saya dan dokter helmi karena hari ini adalah hari Ini adalah tahun ke 9 menuju tahun kesepuluh kami menjabat sebagai bupati dan wakil Bupati Garut yang telah menjabat dari tahun 2014 dan insyaallah akan berakhir pada tanggal 23 Januari 2024,” ucap Bupati Garut.

Rapat Paripurna DPRD kali ini juga turut dihadiri oleh Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum. Atas nama Pemerintah Provinsi Jawa Barat, ia mengucapkan Selamat Hari Jadi ke-210 Kabupaten Garut  dengan tema yang sangat luar biasa, dan memiliki arti menuju Kabupaten Garut yang lebih baik dan lebih hebat lagi.

Uu menerangkan, Jawa Barat memiliki visi misi yaitu Jabar Juara Lahir Batin, inovasi, kolaborasi, dan digitalisasi. Visi misi Jawa Barat, diyakini  bisa berhasil dikarenakan adanya kebersamaan seluruh pemerintah termasuk kabupaten/kota yang ada di Jawa Barat.

“Oleh karena itu harapan kami Pemerintah Kabupaten Garut bersama DPRD-nya dalam rangka membuat sebuah keputusan-keputusan, harapan kami keputusan pembangunannya sejajar, sejalan, dengan Provinsi Jawa Barat dalam arti bukan hanya duniawi yang dikejar, tapi ukhrowi pun dikejar,” tuturnya.

Sementara itu, Ketua DPRD Kabupaten Garut, Euis Ida Wartiah, mengungkapkan bahwa tema yang diusung dalam HJG ke-210 ini memiliki makna telah terlaksananya tahapan-tahapan dalam proses pembangunan yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, serta membawa nama Kabupaten Garut ke arah yang lebih baik.

“Tidak hanya memiliki makna secara lahir akan tetapi juga harus di barengi dengan terwujudnya keinginan kesejahteraan masyarakat, untuk itu momentum Peringatan Hari Jadi Garut yang ke-210 ini akan semakin meningkatkan tekad dan semangat kita untuk terus membangun, mengantarkan Kabupaten Garut sebagai suatu daerah yang lebih kokoh, maju, dan sejahtera khususnya di Jawa Barat dan umumnya di indonesia,” ucapnya.

Ia juga mengungkapkan, bahwa sudah sepatutnya kita bersyukur telah dianugerahi wilayah yang kaya akan potensi sumber daya alam dengan panorama alam yang begitu indah. Maka dari itu, Euis mengajak seluruh pihak untuk terus berusaha menjadikan Kabupaten Garut sebagai kabupaten kebanggaan masyarakat.

“Selain itu pula pada kesempatan ini saya ingin mengajak kita semua untuk bermuhasabah, merekonstruksi mana hal-hal yang baik yang patut kita pertahan kan, serta hal-hal mana yang harus segera kita perbaiki untuk kemajuan Garut kedepan, mari kita bergandengan tangan dalam harmoni yang seirama dan saling menguatkan satu sama lain agar persoalan berbagai sektor pembangunan dapat kita atasi dan kita selesaikan,” pungkasnya.


Bupati Garut, Rudy Gunawan menghadiri Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Garut Masa Sidang I Tahun Sidang 2023 dalam rangka memperingati Hari Jadi ke-210 Kabupaten Garut Tahun 2023 yang dilaksanakan di Ruang Rapat Paripurna DPRD Garut, Jalan Patriot, Kecamatan Tarogong Kidul, Kabupaten Garut, Kamis (16/2/2023). (Foto: Anggana Mulia/ Deni Seftiana/ Diskominfo Garut)

------------------------

Penulis : Nindi Nurdiyanti 

Penyunting : Yanyan Agus Supianto




Komentar
Isi Komentar