Meriahkan Hari Anak Nasional, FAD Garut Gelar Gachifest Tahun 2022 GARUT, Tarogong Kidul– Masih dalam suasana Hari Anak

By: Dinas Komunikasi dan Informatika
Kamis, 28 Juli 2022
Dibaca: 366

Meriahkan Hari Anak Nasional, FAD Garut Gelar Gachifest Tahun 2022

GARUT, Tarogong Kidul– Masih dalam suasana Hari Anak Nasional (HAN) Tahun 2022, Forum Anak Daerah (FAD) Kabupaten Garut berencana menggelar acara bertajuk Garut Children Festival (Gachifest) Tahun 2022 dengan tema “Anak Terlindungi, Indonesia Maju”. Acara ini sebagai media untuk mengekspresikan bakat serta minat anak-anak khususnya di bidang seni  yang akan dihelat pada tanggal 30 – 31 Juli 2022 mendatang di Gedung Bela Diri, SOR Ciateul, Kecamatan Tarogong Kidul, Kabupaten Garut. 

Ketua Pelaksana Konser Gachifest, juga selaku Fasilitator FAD Kabupaten Garut, Muhamad Alvin Maulana mengatakan, dalam acara Gachifest ini ada beberapa event yang akan dilaksanakan seperti konser, lomba kostum daur ulang bagi anak-anak Sekola Dasar (SD), bazaar, serta pameran karya seni yang akan memamerkan hasil karya anak-anak di  Kabupaten Garut.

“Untuk tujuan (acara) nya bertujuan memberi pemenuhan hak anak pada lingkungan keluarga, dan pengasuhan alternatif melalui seminar parenting, konser, lomba, escape room, art exibition, yang akan dilaksanakan gitu,” ucapnya.

Dalam acara ini pihaknya menargetkan peserta dari anak-anak sekolah mulai dari jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah Menengah Atas (SMA), anak kuliah bahkan orang tua siswa. Alvin mengungkapkan, kegiatan ini diharapkan bisa menambah wawasan dan kreativitas anak pasca masa pandemi Covid-19.

“Diselenggrakannya nggak hanya anak sekolah, tapi orang tua pun yang memiliki anak-anaknya pun boleh (terlibat) seperti itu, jadi sasaran kita remaja-remaja sama orang tua juga sih,” ucapnya.

Alvin menuturkan, tahun ini merupakan tahun pertama dilaksanakannya Gachifest secara langsung atau offline, dikarenakan di tahun sebelumnya Gachifest digelar secara online melalui aplikasi telekonferensi google meet dikarenakan masih dalam kondisi masa pandemi Covid-19.

“Nah ini event ini Gachifest ini baru pertama kali mungkin yah baru pertama kali dilaksanakan besar-besaran gitu seperti itu,” lanjutnya.

Dalam konser sendiri, imbuh dia, Gachifest 2022 akan menampilkan bakat-bakat di bidang seni musik yang pengisinya sendiri merupakan anak-anak di Kabupaten Garut. Ia memaparkan, kurang lebih ada 10 pengisi acara musik yang akan ditampilkan.

“Yang masuk itu, yang masuk sebagai pengisi acara itu ada juga dari yang anak FAD, terus ada juga undangan-undangan dari SMP dan SMA di kabupaten Garut,” tuturnya.

Ia berharap, melalui Gachifest Tahun 2022 ini anak-anak di Kabupaten Garut bisa lebih percaya diri sehingga dapat menyalurkan bakat yang dimilikinya di dalam acara ini, begitupun di acara berikutnya yang akan datang.

“Output yang ingin dihasilkan mungkin lebih ke penampilan atau menampilkan bakat-bakat di Kabupaten Garut, bakat-bakat anak di Kabupaten Garut, supaya lebih jangkauannya lebih luas gitu, lalu mungkin selebihnya terkenal di Kabupaten Garut di lokal kabupaten Garut teh terkenal gitu,” ungkapnya.

Sementara itu Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan, dan Perlindungan Anak (DPKBPPPA) Kabupaten Garut, melalui Subkoordinator Hubungan Antar Lembaga pada, Didah Syajidah, Rabu (27/7/2022), mengatakan, kegiatan ini merupakan inisiatif serta ide dari anak-anak FAD Garut sendiri yang berada di bawah naungan DPPKBPPPA Kabupaten Garut. Persiapan acara ini sepenuhnya digarap langsung oleh anak-anak dari FAD Garut, mulai dari ide kegiatan hingga mencari sponsor kegiatan tersebut.

“Ya kalau dari dinas kami alhamdulillah karena ada kegiatan ini mungkin kami bisa menampilkan kegiatan Forum Anak Daerah dan juga penampilan-penampilan anak Kabupaten Garut,” ucapnya saat diwawancarai di Kantor DPPKBPPPA Garut, Jalan Terusan Pahlawan, Kecamatan Tarogong Kidul, Kabupaten Garut.

Ia berharap dengan adanya acara ini, anak-anak di Kabupaten Garut dapat mengenal apa saja kesenian yang ada di Kabupaten Garut sehingga bisa meningkatkan minat anak terkait seni budaya yang ada di Kabupaten Garut.

Selain itu, pihaknya sangat mendukung kegiatan Gachifest Tahun 2022 ini. Bahkan, pihaknya juga akan mendukung penuh penyelenggarakan kegiatan ini di tahun berikutnya.

“Cuman untuk tahun ke depan insyaAllah kami anggarkan karena melihat tahun sekarang anak-anak untuk mencari sponsorship itu lumayan (sulit) ya, karena keadaan mungkin insyaa Allah akan dilanjut, (tahun-tahun selanjutnya), ungkapnya.


Sesi wawancara bersama FAD Kabupaten Garut dan Subkoordinator Hubungan Antar Lembaga, Dudah terkait Garut Children Festival, di Sekretariat FAD Garut, Kantor DPPKBPPPA Garut, Jalan Terusan Pahlawan, Kecamatan Tarogong Kidul, Kabupaten Garut, Rabu (27/7/2022).

(Foto: Anggana Mulia/ Diskominfo Garut)


Beberapa hasil karya anak-anak Kabupaten Garut di Sekretariat FAD Garut, Kantor DPPKBPPPA Garut, Jalan Terusan Pahlawan, Kecamatan Tarogong Kidul, Kabupaten Garut, Rabu (27/7/2022).

(Foto: Anggana Mulia/ Diskominfo Garut)

------------------------

Penulis : Nindi Nurdiyanti

Penyunting : Yanyan Agus Supianto




Komentar
Isi Komentar