Dua Penyiar RASI FM Jawa Barat Diterbangkan ke Bangkok Bahas Isu Kemiskinan dan Kesetaraan Gender

By: Dinas Komunikasi dan Informatika
Rabu, 27 September 2023
Dibaca: 1785

Dua Penyiar RASI FM Jawa Barat Diterbangkan ke Bangkok Bahas Isu Kemiskinan dan Kesetaraan Gender

GARUT, Cisewu - Dua penyiar dari radio komunitas RASI FM Cisewu berangkat ke Bangkok, Thailand pada Jumat sore (22/9) dalam rangka mengikuti kegiatan pelatihan peningkatan sumber daya penyiaran. Mereka juga akan menjadi bagian dari delegasi Indonesia dalam Konferensi Radio Komunitas Regional Asia-Pasifik AMARC Ke-5.

Menurut Latief Rochyana, Ketua Jaringan Radio Komunitas Jawa Barat dan Pimpinan di radio RASI FM, keberangkatan kedua penyiar dari Jawa Barat, selain untuk menimba ilmu kepenyiaran, juga merupakan simbol perekat perdamaian bersama negara-negara di Asia-Pasifik.

"Telah kami delegasikan kedua penyiar dari Jawa Barat yakni Rosmayanti dan Rohmat Arya yang intinya untuk ambil bagian dalam memperkuat penyiaran komunitas sekaligus membangun perdamaian bersama negara-negara peserta lainnya seperti India, Nepal, Thailand, Timor Leste, Indonesia, Filipina dan beberapa negara lainnya" Kata Latief, Sabtu (23/9/2023).

Selain membangun perdamaian, kegiatan tersebut juga akan membahas berbagai permasalahan di beberapa negara Asia-Pasifik seperti kemiskinan dan kesetaraan gender.

"Tak hanya peningkatan kualitas penyiaran saja, keberangkatan mereka pun untuk ikut membahas bagaimana upaya-upaya masyarakat dalam pengentasan kemiskinan pasca pandemi covid-19, termasuk adaptasi perubahan iklim, hak masyarakat adat dan kesetaraan gender," tambahnya.

Latief berharap, sepulangnya mereka selama 10 hari ke depan, mereka dapat memberikan kontribusi yang signifikan dalam memposisikan kiprah radio komunitas sebagai bagian penting dari media informasi dan hiburan bagi masyarakat.

"Saya mengharapkan agar kepulangan mereka dapat membawa segudang ilmu yang bisa diaplikasikan di tengah-tengah masyarakat dengan mempertimbangkan kearifan lokal yang ada. Intinya, dengan kedatangan mereka, posisi radio komunitas akan lebih dirasakan manfaatnya bagi masyarakat," pungkas Latief.

Kegiatan ini diselenggarakan oleh AMARC Asia-Pasifik bekerja sama dengan Co-Fact, Thailand (National Host), Thammasat University, Thailand, serta berkolaborasi dengan Community Broadcasters Association of Australia (CBAA), Community Media Training Organization (CMTO), UP Los Baños, dan College of Development Communication. Turut didukung oleh Asosiasi Radio Komunitas Nepal (ACORAB), Jaringan Radio Komunitas Indonesia (JRKI), Kelangsungan Budaya, Dukungan Media Internasional IMS, Civil Peace Service Program-Bread for the World, dan Kementerian Federal Kerjasama Ekonomi dan Pembangunan (Jerman).

Selain RASI FM Jawa Barat, Indonesia juga diwakili oleh beberapa radio komunitas dari provinsi lain seperti Jawa Tengah, Sumatra Barat, NTB, Sulsel, Lampung, dan Sulawesi Tengah dalam kegiatan ini.


Caption :

Dua penyiar Radio Rasi FM Cisewu, Rosmayanti dan Rohmat Arya, bersama delegasi Indonesia bersiap-siap terbang menuju Bangkok, Thailand, Jumat sore (22/9/2023), mengikuti Konferensi Radio Komunitas Regional Asia-Pasifik AMARC Ke-5.

Penulis : Yanyan Agus Supianto




Komentar
Isi Komentar