Bupati Garut Ajak HBB Tumbuhkembangkan Kebersamaan

By: Dinas Komunikasi dan Informatika
Senin, 18 Juli 2022
Dibaca: 228

Bupati Garut Ajak HBB Tumbuhkembangkan Kebersamaan

GARUT, Tarogong Kidul - Bupati Garut, Rudy Gunawan, mengajak warga Sumatera Utara yang tinggal di Kabupaten Garut untuk menumbuhkembangkan kebersamaan dalam bingkai Bhineka Tunggal Ika. Ia juga menyampaikan rasa terima kasihny atas kontribusi yang telah diberikan.

"Tentu saya juga berharap kebersamaan kita ini harus terus tumbuh kembangkan, karena dengan adanya kebhinekaan kita menjadi persaudaraan yang hakiki," ungkap bupati dalam sambutannya pada acara Pelantikan Dewan Pengurus Cabang (DPC) Horas Bangso Batak (HBB) Kabupaten Garut, yang dilaksanakan di Ballroom Kassiti Fave Hotel, Jalan Cimanuk, Kecamatan Tarogong Kidul, Kabupaten Garut, Sabtu (16/7/2022).

Ia juga mengungkapkan bisa hadir dalam acara pelantikan ini merupakan suatu kehormatan. Terlebih, menurutnya kegiatan ini merupakan khazanah dari Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

"Tentu ini merupakan khazanah bagaimana kita berada dimana pun kita tidak usah takut, ini adalah Indonesia, negara ini didirikan oleh berbagai suku-suku bangsa, sehingga kita menjadi Negara Kesatuan Republik Indonesia, berdasarkan Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945 (dan) Bhineka Tunggal Ika," ungkapnya.

Dalam sambutannya, Bupati Garut juga mengaku bangga bisa menggunakan kain ulos yang diberikan oleh panitia sebagai cinderamata kepada Bupat Garut dan yang lainnya.

"Selaku Bupati Garut saya bangga hari ini menggunakan kostum ini, karena saya sejak tahun '83 saya bersahabat ketika saya kuliah di Universitas Padjadjaran dengan yang namanya Sabar Sitorus, jadi kami sudah mengenal Tapanuli dan sebagainya," katanya.

Sementara itu, Ketua Umum (Ketum) Dewan Pimpinan Pusat (DPP) HBB, Lamsiang Sitompul, mengaku terharu atas penyambutan yang dilakukan oleh pantia, karena dirinya disuguhkan atraksi kebudayaan Sunda yang dipadukan dengan Tarian Tortor khas Sumatera Utara.

Ia mengatakan kebhinekaan yang dimiliki oleh Indonesia ini harus dijaga, jangan sampai ada pihak yang memporak-porandakan kebhinekaan tersebut.

"Ada pertunjukan Sunda yang begitu sangat menarik, dipadu dengan ada Tortor (dan) memang itulah negeri kita, itulah NKRI dan itulah Bhineka Tunggal Ika, makannya di poin pertama, sumpah atau janji dari anggota perkumpulan horas bangso batak setia dan taat kepada Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika," katanya.

Di tempat yang sama, Ketua DPC HBB Garut, Welman Butar-Butar, memaparkan di bulan Juli ini perkumpulan HBB Garut telah berusia 1 tahun. Namun, baru hari ini kepengurusannya dilantik ataupun dipublikasikan secara terbuka.

"Hal ini saya selaku ketua sengaja mendelay waktu ini karena saya menggunakan waktu satu tahun ini untuk melakukan kajian kelayakan daripada organisasi ini, dan kajian evaluasi dari unsur luhur tentang berorganisasi," papar Welman.

Hal tersebut dilakukan, imbuh Welman, guna melihat semangat keinginan anggota HBB untuk menjadu satu organisasi yang ada di Kabupaten Garut.

Ia mengingatkan kepada kepengurusan DPC HBB Garut, bahwa perkumpulan ini dibangun dalam landasan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945, serta ia mengatakan semua program kerja yang dituangkan adalah turun-turunan dari Pancasila.

"Program kerja yang dilakukan (seperti) sosial budaya dan hukum ini keturunan dari keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia, pengembangan iman dan kerohanian ini adalah keturunan daripada ketuhanan yang maha esa, oleh karena itu ini program harus terus bergerak maju, untuk mendorong percepatan visi Kabupaten Garut (yaitu) bertaqwa, maju, (dan)sejahtera,  ini harus kita dorong dengan program-program kerja yang kita lakukan," tandasnya.



Bupati Garut, Rudy Gunawan, memberikan sambutan dalam acara Pelantikan DPC HBB Kabupaten Garut, yang dilaksanakan di Ballroom Kassiti Fave Hotel, Jalan Cimanuk, Kecamatan Tarogong Kidul, Kabupaten Garut, Sabtu (16/7/2022). (Foto : Deni Seftiana/Diskominfo Garut).

Penulis : Muhamad Azi Zulhakim

Penyunting : Yanyan Agus Supianto




Komentar
Isi Komentar