Seakan Tiada Habisnya, Disdamkar Kabupaten Garut Kembali Lakukan Evakuasi Sarang Tawon

By: Dinas Pemadam Kebakaran
Senin, 26 April 2021
Dibaca: 450

Garut. Sukawening. Dinas Pemadam Kebakaran (Disdamkar) tidak hanya fokus terhadap pemadaman kebakaran, tetapi lebih daripada itu siap untuk melayani segala macam kebutuhan masyarakat guna meningkatkan rasa aman dan nyaman di lingkungan. Tentunya hal ini didukung dengan adanya skill dan kemampuan dari petugas yang mumpuni untuk mengatasi segala macam permasalahan tersebut.

Salah satu pelayanan non kebakaran yang secara kuantitas sangat tinggi yaitu evakuasi sarang tawon. Kali ini laporan datang dari Ibu H. Teja yang berlokasi di Pondok Pesantren Assyafiyah Desa Sukawening Kecamatan Sukawening. Evakuasi dilaksanakan pada hari Minggu, tanggal 25 April 2021. Disdamkar menurunkan 5 orang personil dan 1 unit mobill rescue.

Evakuasi dilakukan dengan menggunakan beberapa alat dan bahan seperti kapas, botol semprot yang berisi bensin dan tangga sebagai alat bantu saat menggapai sarang tawon di ketinggian. Proses evakuasi berjalan dengan lancar tanpa adanya hambatan dan personil dalam keadaan baik.. Tawon berjenis vespa, dengan nama Vespa affinis ini merupakan jenis yang paling banyak ditemui di masyarakat. Hal ini tentunya menjadi sebuah hal yang harus diperhatikan. Mengingat, jenis ini termasuk ke dalam kategori yang dapat membahayakan. Bahkan di beberapa kejadian bisa memakan korban jiwa.

“Keberadaan sarang tawon yang berada di sekitar pemukiman dan dirasa membahayakan hendaknya langsung ditindaklanjuti. Kami berharap kewaspadaan masyarakat mengenai hal ini perlu ditingkatkan, segera melaporkan ke DIsdamkar agar sarang tawon bisa dievakuasi segera mungkin” Ungkap Dadan Wandani, Kepala Seksi Operasi Layanan Non Kebakaran.

Ia juga berharap masyarakat mengetahui keberadaan Disdamkar ini yang tidak terbatas dihubungi saat ada kebakaran saja, melainkan terhadap segala macam layanan lainnya diluar kebakaran. Seperti misalnya evakuasi sarang tawon ini maupun evakuasi hewan lain, pelepasan cincin, pohon tumbang dan sebagainya.




Komentar
Isi Komentar