Penutupan TMMD ke-120 di Kabupaten Garut : Dorongan Pembangunan dan Sinergitas TNI-Polri dengan Pemkab Garut

By: Dinas Komunikasi dan Informatika
Senin, 10 Juni 2024
Dibaca: 65

Penutupan TMMD ke-120 di Kabupaten Garut : Dorongan Pembangunan dan Sinergitas TNI-Polri dengan Pemkab Garut

Sekda Nurdin Yana mengucapkan terima kasih atas pelaksanaan TMMD di Kabupaten Garut

GARUT, Sukaresmi - Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-120 Tahun Anggaran 2024 di Kabupaten Garut resmi ditutup oleh Kepala Staf Kodam (Kasdam) III/Siliwangi, Brigjen TNI Aminudin, di Lapang Bola Kampung Buleud, Desa Cintadamai, Kecamatan Sukaresmi, pada Jumat (7/6/2024). Acara penutupan ini turut dihadiri oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Garut, Nurdin Yana.

Dengan penutupan TMMD ke-120 ini, diharapkan hasil-hasil pembangunan dapat memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat Kabupaten Garut dan mendukung percepatan pembangunan di wilayah tersebut.

Brigjen TNI Aminudin menyatakan bahwa pelaksanaan TMMD ke-120 di Kabupaten Garut mencapai 100% dari target yang ditetapkan. Ia berterima kasih kepada jajaran Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Garut atas dukungan dan bantuan dalam pelaksanaan program ini. 

"Harapan tentunya ini akan membawa dampak yang sangat positif untuk masyarakat yang ada di Kabupaten Garut, khususnya untuk mempercepat proses pembangunan yang ada di wilayah," ujar Brigjen Aminudin. Ia juga berpesan agar masyarakat menjaga dan memelihara hasil pembangunan yang telah dicapai melalui program ini.

Sementara itu, Sekda Kabupaten Garut, Nurdin Yana, memberikan apresiasi kepada Kodam III/Siliwangi, khususnya Kodim 0611/Garut, atas pelaksanaan TMMD di Desa Cintadamai. Menurut Nurdin, kegiatan ini merupakan dorongan bagi Pemkab Garut untuk mempercepat pemerataan pembangunan serta mencerminkan sinergitas antara TNI-Polri dengan Pemkab Garut. Nurdin juga berharap masyarakat dapat memanfaatkan hasil program TMMD seoptimal mungkin.

"Kami pun akan mencoba mendorong apa yang sudah dilakukan (dalam TMMD) dengan mencoba mengalokasikan dalam bentuk anggaran, sehingga proses ini akan terus berjalan," tutur Nurdin.

Komandan Kodim (Dandim) 0611/Garut, Letkol Czi Dhanisworo, dalam laporannya menjelaskan bahwa TMMD di Desa Cintadamai memiliki dua sasaran utama, yakni sasaran fisik dan non fisik. Untuk sasaran fisik terbagi dalam 2 kategori yakni sasaran pokok dan sasaran tambahan, untuk sasaran pokok yaitu pembukaan jalan dan pengerasan jalan desa Kampung Loa Gede hingga Kampung Buleud panjang 600 meter dan lebar 2.5 meter dengan hasil 100%, kemudian pembukaan jalan dan pengerasan jalan desa Kampung Pasir Pari hingga Kampung Paku Haji panjang 1.400 meter lebar 2.5 meter dengan hasil 100%, lalu rabat beton jalan desa panjang 50 meter lebar 3 meter dan tinggi 15 cm dengan hasil 100%, selanjutnya pembuatan jembatan panjang 14 meter lebar 4 meter dan tinggi 4 meter dengan hasil 100%, lalu pembuaran gorong-gorong 4 titik dengan hasil 100%, hingga pembuatan tembok penahan tanah (TPT) panjang 250 meter tinggi 1.5 meter sampai 2.5 meter dengan hasil 100% terlaksana.

Sasaran fisik tambahan meliputi program unggulan Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) seperti rehabilitasi rumah tidak layak huni, pembuatan sumur bor, pemberian nutrisi stunting, penanaman pohon, dan program ketahanan pangan. Semua target tambahan ini juga berhasil diselesaikan 100%.

Untuk sasaran non fisik, berbagai penyuluhan telah dilakukan, antara lain penyuluhan bela negara dan wawasan kebangsaan, pelayanan kesehatan, perikanan dan peternakan, hukum dan perundangan, narkoba dan kamtibmas, KB perlindungan anak dan perempuan, keagamaan, lingkungan hidup dan kehutanan, kegiatan PKK, pelayanan publik dan kependudukan, bahaya teroris dan radikalisme, stunting, Posyandu dan Posbindu PTM, pendidikan, UMKM, serta pertanian



Caption :

Pelaksanaan Upacara Penutupan TMMD ke-120 TA 2024, yang dilaksanakan di Lapang Bola Kampung Buleud, Desa Cintadamai, Kecamatan Sukaresmi, Kabupaten Garut, Jum'at (7/6/2024). (Foto : M. Azi Zulhakim & Anggana Mulia Karsa Kurniawan/Diskominfo Kab. Garut). 

Penulis : Muhamad Azi Zulhakim

Penyunting : Yanyan Agus Supianto




Komentar
Isi Komentar