Kura-Kura Peliharaan Masuk ke Dalam Sumur, Tim Rescue Damkar Garut Turun Tangan

By: Dinas Pemadam Kebakaran
Minggu, 26 Juli 2020
Dibaca: 1217

Minggu (26/7/2020), petugas Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan mengevakuasi Kura-kura jenis Brazil yang tercebur masuk ke dalam sumur yang berlokasi di Kp. Ciparay Jl. Ahmad Yani Timur No. 74 RT 01/RW 01 Kelurahan Lebak Jaya Kec. Karangpawitan Kabupaten Garut.

Laporan diterima dari warga bernama Eva sekitar pukul 08:59 WIB melalui call center dan ia berharap untuk segera ditangani.

Dari laporan tersebut, Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan menurunkan 1 unit kendaraan rescue beserta 5 anggota personel untuk melakukan evakuasi yang dilaksanakan hari Minggu 26 Juli 2020 pada pukul 09:53 WIB.

Menurut keterangan si pemilik hewan, kura-kura di simpan di bak penampungan air salah satu pegawainya kemudian pegwainya lupa mematikan keran air sehingga airnya meluap penuh dan kura-kura tersebut tercebur kedalam sumur.
Si pemilik kura-kura tersebut juga sempat bingung karena sejak kemarin kura-kura itu tercebur kedalam sumur. Karena sumurnya dalam, jadi kura-kura tersebut diberi makanan saja untuk pertolongan pertamanya. Lalu si pemilik berinisiatif langsung menelepon petugas damkar meminta dievakuasi. 

Tindakan petugas setibanya di lokasi, berkoordinasi dengan pelapor dan masyarakat setempat dan tim rescue langsung melakukan pemeriksaan, hasil pemeriksaan diketahui kura-kura malang itu terjatuh ke dalam sumur sedalam 25 meter, petugas melakukan evakuasi dengan menggunakan alat vertical rescue tripod, webing, tali plusik, car mantel dan lain-lainnya.

Setelah 15 menit proses evakuasi, kura-kura malang itu berhasil diselamatkan. Selanjutnya kura-kura dibawa oleh tim rescue untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut,sebelum akhirnya di bawa ke daratan. Tidak ada korban dalam penanganan ini.
Si pemilik kura-kura mengungkapkan terima kasihnya kepada para petugas Damkar Garut, karena telah menyelamatkan kura-kura miliknya.




Komentar
Isi Komentar