Dalam Kurun Waktu 2 Hari, UPT Disdamkar Bungbulang Lakukan Penyemprotan Disinfektan di 5 Lokasi

By: Dinas Pemadam Kebakaran
Selasa, 22 Juni 2021
Dibaca: 551

Garut. Bungbulang. Dinas Pemadam Kebakaran (Disdamkar) menjadi salah satu garda terdepan dalam melaksanakan upaya-upaya pencegahan penularan Covid-19. Unit Pelaksana Teknis (UPT) Wilayah II Bungbulang turut melaksanakan kegiatan penyemprotan disinfektan sebagai upaya dalam menekan angka positif. Terhitung pada hari Sabtu (19/06/2021) dan hari Minggu (20/06/2021) terdapat 5 titik lokasi yang menjadi sasaran untuk dilakukan penyemprotan. Kegiatan in juga turut dilaksanakan oleh beberapa instansi yang kemudian menjadi tim gabungan, diantaranya unsur Kecamatan Talegong dan Pakenjeng, Satgas Covid-19 wilayah Talegong dan Pakenjeng, anggota Polsek, Koramil, Satpol PP, Dishub dan aparat desa.

Pelaksanaan pada hari pertama, Sabtu (19/06/2021) menyasar 3 lokasi yang merupakan wilayah administratif di Kecamatan Talegong dan dipimpin langsung oleh Camat Talegong.  Wilayah-wilayah tersebut meliputi Desa Sukamaju, Desa Sukamulya dan Desa Mekarmulya. Pelaksanaan dilaksanakan sekitar pukul 08.30 WIB dan dapat terselesaikan sekitar pukul 16.30 WIB. Sedangkan pelaksanaan pada hari kedua, Minggu (20/06/2021) menyasar 2 lokasi di Kecamatan Pakenjeng diantaranya adalah lingkungan Desa Jatiwangi dan Desa Jayamekar. Kegiatan dimulai sekitar pukul 09.00 WIB dan selesai sekitar pukul 13.00 WIB.

Pelaksanaan penyemprotan disinfektan ini dilakukan dengan menurunkan 1 unit kendaraan pemadam yang didukung dengan alat mesin steam dan alat semprot gendong. Sasaran objek pada penyemprotan yaitu area lingkungan pedesaan, bangunan Mesjid, bangunan Kantor, bangunan Sekolah hingga rumah-rumah warga yang terindikasi positif virus ini. Area sekitar jalan-jalan pedesaan menggunakan bantuan mesin steam dalam pelaksanaan penyemprotan, sedangkan untuk beberapa bangunan menggunakan alat semprot gendong guna mempermudah untuk menjangkau ke lokasi.

Kepala Sub Bagian Administrasi UPT WIlayah II Bungbulang, Hendra Santoso mengungkapkan bahwa kegiatan ini menjadi salah satu bentuk upaya nyata dalam memerangi virus ini. Ia berharap, kegiatan penyemprotan ini dapat dilaksanakan secara continue agar seluruh wilayah mendapatkan manfaat dari adanya penyemprotan cairan disinfektan ini. Terakhir, pihaknya terus mengedukasi masyarakat guna memberikan pemahaman mengenai pentingnya mematuhi protokol kesehatan, seperti memakai masker ketika beraktivitas, rajin mencuci tangan, menjaga jarak antar sesama dan menghindari kerumuman di tempat-tempat umum.

(Rendra/Disdamkar)




Komentar
Isi Komentar