Api Tak Kunjung Padam, Petugas Memerlukan Waktu 10 Jam Tangani Kebakaran Pabrik Triplek

By: Dinas Pemadam Kebakaran
Senin, 07 Pebruari 2022
Dibaca: 489

GARUT. Caringin. Dinas Pemadam Kebakaran (Disdamkar) Kabupaten Garut kembali melaksanakan penanganan kebakaran. Informasi diterima oleh Disdamkar pada hari Minggu, 06 Februari 2022 sekitar pukul 15.00 WIB. Kebakaran berlokasi di Kampung Yani, Desa Purbayani, Kecamatan Caringin. Menerima laporan tersebut, Unit Pelaksana Teknis (UPT) Wilayah II dan III, Bungbulang dan Pameungpeuk merespon dengan masing-masing 1 unit kendaraan Pancar.

Saat tiba di lokasi kejadian, petugas langsung menyusun strategi pemadaman. Objek yang terbakar adalah tempat pembuangan limbah produksi triplek. Rambatan api begitu cepat dikarenakan bahan-bahan di lokasi yang mudah terbakar.


Petugas terlebih dahulu melakukan pendinginan pada bagian yang bel;um terbakar guna mencegah rambatan lebih besar. Setelah itu, dilakukan pemadaman langsung ke titik api dengan menggunakan air bertekanan dari unit Pancar. Banyaknya bara api yang tersisa membuat petugas harus berulang kali mengisi tangki air dikarenakan bara api tak kunjung padam. Petugas terus berjibaku menangani kejadian ini hingga membutuhkan waktu sekitar 10 jam.

Pemilik pabrik, Deni (56) harus menelan kerugian sekitar 10 juta rupiah akibat kebakaran ini. Luas bagian yang terbakar mencapai 500 meter persegi. Beruntung, tidak ada korban dalam kejadian ini. Penyebab kebakaran masih dalam penyelidikan pihak berwenang.


Kepala UPT Wilayah II Bungbulang, Yaumal menghimbau untuk mewaspadai sekecil apapun penyebab kebakaran, apalagi dengan banyaknya bahan yang mudah terbakar di sekitar.

"Bahaya kebakaran mengintai kapanpun dan dimanapun, kewaspadaan perlu ditingkatkan terlebih apabila di sekitar Kita terdapat banyak bahan yang mudah terbakar. Selalu pastikan tidak ada pemicu yang memunculkan percikan api."Himbaunya.





Komentar
Isi Komentar