Wisata Edukasi Tentang Pemadam Kebakaran Kembali Di Gelar Oleh Disdamkar Garut

By: Dinas Pemadam Kebakaran
Rabu, 09 Maret 2022
Dibaca: 990

Wisata Edukasi Tentang Pemadam Kebakaran Kembali Di Gelar Oleh Disdamkar Garut

GARUT, Tarogong Kidul - Wisata edukasi Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Garut (Disdamkar Garut) yang dimiliki Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Garut ternyata terus diminati anak-anak. Bahkan, edukasi wisata ini sudah di kunjungi banyak pelajar TK/PAUD. Kali ini kunjungan dari TK Al-Wasilah Sumbersari, Garut Kota pada hari Rabu 9 Maret 2022 sekitar pukul 09.00 WIB.

Ada beberapa rangkaian kegiatan yang disiapkan di wisata Pemadam Kebakaran yang terletak di Jalan Merdeka No. 100 Garut tersebut. Kegiatan itu mulai dari sosialisasi membahas seputar pengenalan bahaya kebakaran dimulai usia dini, menggunakan APD, menggunakan peralatan operasi damkar, bermain air, hingga menjajal kendaraan Damkar.

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Garut Ir. H. Eded Komara Nugraha, M.Si. menuturkan, pengenalan melalui wisata edukasi ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat, khususnya anak-anak tentang bahaya kebakaran. Selain itu, upaya ini dilakukan untuk memberikan bekal wawasan ketika suatu waktu terjadi kebakaran di sekitarnya.

“Jadi selama sosialisasi itu, mereka diberitahu macam-macam peralatan yang digunakan petugas damkar dalam memadamkan api. Mulai dari nama pakaian sampai jenis-jenis kendaraan,” tuturnya Rabu (09/03/2022).

Disamping itu, Eded menyebut, petugas juga akan menjelaskan kepada para peserta tentang jenis-jenis pakaian yang digunakan PMK, seperti atribut pemadam api ringan (Apar) dan alat pelindung diri (Apd). Bahkan, para peserta juga diberi wawasan jenis-jenis kendaran yang digunakan petugas PMK. Seperti Water Supply, Pancar, dan Fire Rescue. Tak hanya itu, para peserta juga diajak bermain air yang dikeluarkan dari kendaraan Water Supply.

“Kita mengemas semenarik mungkin agar informasi yang kita berikan diterima dengan baik. Karena dari pertemuan semacam ini goals nya adalah warga menjadi juru padam sebenarnya,” kata dia.

Dengan begitu, pihaknya berharap, nantinya paradigma saat terjadi kebakaran di lingkungan mereka, warga tidak lagi hanya menjadi menonton. Namun, mereka juga berbuat sesuatu saat terjadi peristiwa kebakaran. “Misalnya membuka portal, meminggirkan kendaraan agar dapat dilewati petugas,” jelasnya.

Alhasil, inovasi wisata edukasi Pemadam Kebakaran itu, terus mendapat respon baik oleh masyarakat.

Salah satu peserta yang mencoba Wisata Edukasi Pemadam Kebakaran adalah Abian (L) (6). Pelajar dari TK Al-Wasilah Sumbersari Garut Kota ini mengaku senang sekali bisa bermain sembari belajar di wisata tersebut. “Senang sekali, seru. bisa belajar biar bisa membantu siapapun ketika ada yang kebakaran,” kata Abian.

(M. Fajar Aditya Siregar/Disdamkar)




Komentar
Isi Komentar