Tani Merdeka Lantik 42 Korcam di Garut, Sekda Garut Apresiasi Langkah Strategis untuk Pertanian

By: Dinas Komunikasi dan Informatika
Kamis, 15 Agustus 2024
Dibaca: 95

Tani Merdeka Lantik 42 Korcam di Garut, Sekda Garut Apresiasi Langkah Strategis untuk Pertanian

GARUT, Pasirwangi - Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Garut, Nurdin Yana, menghadiri acara pelantikan 42 Koordinator Kecamatan (Korcam) Tani Merdeka se-Kabupaten Garut, berlangsung di Kantor Sekretariat Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Tani Merdeka Kabupaten Garut, di Jalan Raya Darajat, Kecamatan Pasirwangi, pada Rabu (14/8/2024).

Dalam kesempatan tersebut, Nurdin Yana memberikan apresiasi kepada Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Tani Merdeka Provinsi Jawa Barat atas terbentuknya Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Tani Merdeka di Kabupaten Garut. Ia juga memuji DPC Tani Merdeka Kabupaten Garut yang terus mengembangkan sayap melalui pelantikan 42 Koordinator Kecamatan Tani Merdeka yang tersebar di seluruh kecamatan di Garut.

Nurdin menyebutkan bahwa Tani Merdeka merupakan wadah strategis bagi para petani, terutama karena pimpinan Tani Merdeka terdiri dari individu-individu berpengalaman yang memegang posisi penting di Kementerian Pertanian Republik Indonesia. Menurutnya, aksesibilitas ini sangat diperlukan baik oleh pemerintah daerah maupun para petani di Kabupaten Garut, terutama dalam mengatasi kebutuhan infrastruktur dan alat mesin pertanian yang masih mendesak.

Dengan adanya Korcam di 42 kecamatan di Kabupaten Garut, sekda berharap sektor pertanian di Garut akan semakin berkembang. "Insya Allah ke depan akan didapat sesuatu yang lebih dibandingkan saat ini," ujar Nurdin.

Sementara itu, Ketua DPW Tani Merdeka Provinsi Jawa Barat, Yudi Setia,  menekankan pentingnya kerjasama dengan TNI dalam program-program pertanian, seperti pompanisasi, yang dinilai efektif untuk meningkatkan luas lahan tanam dan mengantisipasi dampak El Niño. 

Yudi mengatakan Kabupaten Garut harus bisa mempertahankan diri sebagai penyuplai tertinggi hortikultura terutama sayuran di Provinsi Jawa Barat, dan menurutnya hal tersebut juga menjadi kebanggaan tersendiri bagi Kabupaten Garut.

Ia juga menegaskan bahwa DPW Tani Merdeka Jawa Barat akan terus mendorong Kabupaten Garut dan Lembang sebagai daerah unggulan dalam sektor hortikultura, guna meningkatkan produktivitas dan kesejahteraan para petani.

"Kalau padi kan sudah jelas adalah Karawang (dan lain-lain), untuk hortikultura kita dorong Garut dan Lembang, agar bisa meningkatkan produktivitas dan lain sebagainya," tandasnya.


Caption :

Sekda Kabupaten Garut, Nurdin Yana, menghadiri acara Pelantikan 42 Korcam Tani Merdeka se-Kabupaten Garut, yang dilaksanakan di Kantor Sekretariat DPD Tani Merdeka Kabupaten Garut, yang berlokasi di Jalan Raya Darajat, Kecamatan Pasirwangi, Kabupaten Garut, Rabu (14/8/2024). (Foto : Deni Seftiana, Dimas, dan Aqbil/Diskominfo Kab. Garut).

Penulis : Muhamad Azi Zulhakim

Penyunting : Yanyan Agus Supianto




Komentar
Isi Komentar