Setiap Jumat, Tim Panda Garut Hadirkan Sarapan Gratis untuk Para Pejuang Nafkah

By: Dinas Komunikasi dan Informatika
Sabtu, 18 Mei 2024
Dibaca: 85

Setiap Jumat, Tim Panda Garut Hadirkan Sarapan Gratis untuk Para Pejuang Nafkah

GARUT, Garut Kota - Setiap Jumat pagi di Jalan Kiansantang, Kecamatan Garut Kota, Kabupaten Garut, pemandangan yang penuh kehangatan dan kepedulian selalu terlihat. Pada Jum'at (17/05/2024), contohnya,  puluhan pengemudi ojek online (ojol) dan lansia rela berbaris di depan sebuah food truck berwarna pink, menunggu giliran untuk menikmati sarapan gratis yang disediakan oleh Tim Penolong Janda dan Dhuafa (Panda) Garut.

Food truck dengan logo panda yang khas itu menjadi penanda hari Jumat yang dinanti. Di bawah naungan Tim Panda Garut, program free food truck ini rutin memberikan sepiring nasi lengkap dengan ayam goreng, bihun, dan makanan pelengkap lainnya kepada mereka yang berjuang untuk keluarga.

"Insya Allah rutin dilaksanakan setiap hari Jumat kalau yang rukunnya, adapun Kalau misalnya insidental kita bisa di hari-hari lain kalau misalnya ada bencana ataupun misalnya ada case yang urgent," ujar Novi.

Program ini menyentuh hati banyak orang, khususnya mereka yang bekerja keras seperti ojol, penarik becak, pedagang asongan, lansia, dan anak yatim. Novi menjelaskan, makanan yang disajikan selalu disiapkan dengan kualitas terbaik, sering kali dilengkapi buah-buahan dan dessert (makanan penutup) dari donatur. 

"Jadi insya Allah hidangan yang disiapkan oleh free food truck Panda ini selalu mengistimewakan para pejuang keluarga," ungkapnya.

Sejak terbentuk pada tahun 2017, Tim Panda Garut telah berkembang pesat. Dari awalnya hanya membagikan lima bungkus nasi, kini setiap Jumat mereka menyediakan hingga 250 porsi. 

Pihaknya berharap kegiatan ini bisa sedikit meringankan beban para pejuang keluarga. Setidaknya pada hari Jumat, mereka bisa menikmati makanan gratis sehingga uang yang mereka peroleh bisa sepenuhnya dibawa pulang untuk keluarga.

"Jadi kadang-kadang banyak para pejuang keluarga yang cari nafkah, tapi mereka itu meng-keep (biaya) makan mereka karena biar ada uang yang dibawa pulang," ungkapnya.

Mumud (30), seorang pengemudi ojol dari Kampung Cilutung Desa Mekargalih, Kecamatan Tarogong Kidul, merasakan betul manfaat dari program ini. "Alhamdulillah, sangat membantu kami yang bekerja di jalanan. Semoga kegiatan ini bisa dilakukan lebih sering," ujarnya penuh harap.

Program sarapan gratis ini menjadi contoh nyata bahwa kepedulian dan solidaritas bisa memberikan dampak besar bagi masyarakat yang membutuhkan. Melalui aksi sederhana namun penuh makna ini, Tim Panda Garut berhasil menyebarkan semangat kebersamaan dan kasih sayang, dengan sarapan gratis.


Caption :

Puluhan ojek online (ojol) hingga lansia menyantap sarapan yang disediakan oleh Tim Panda Garut, di Jalan Kiansantang, Kecamatan Garut Kota, Kabupaten Garut, Jum'at (17/05/2024). (Foto : M. Azi Zulhakim/Diskominfo Kab. Garut).

Penulis : Muhamad Azi Zulhakim

Penyunting : Yanyan Agus Supianto




Komentar
Isi Komentar