Sekda Garut Lepas Kafilah PORSADIN ke-7, Target Pertahankan Gelar Juara Umum

By: Dinas Komunikasi dan Informatika
Jumat, 23 Agustus 2024
Dibaca: 25

Sekda Garut Lepas Kafilah PORSADIN ke-7, Target Pertahankan Gelar Juara Umum

GARUT, Tarogong Kidul - Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Garut, Nurdin Yana, secara resmi melepas Kafilah Garut untuk mengikuti Pekan Olahraga dan Seni Antar Diniyah (Porsadin) ke-7 Tingkat Provinsi Jawa Barat. Acara pelepasan ini berlangsung di Sekretariat Forum Komunikasi Diniyyah Takmiliyah (FKTD) Kabupaten Garut, Kampung Panawuan, Kelurahan Sukajaya, Kecamatan Tarogong Kidul, pada Kamis (22/8/2024).

Dalam sambutannya, Nurdin Yana menyampaikan apresiasi kepada para pendamping dan tim ofisial yang telah memberikan pendampingan dan dukungan kepada para kafilah yang nantinya akan bertanding. Ia menekankan pentingnya dukungan psikologis serta doa dalam menghadapi kompetisi ini. "Kenapa demikian? Karena anak-anak kita secara psikologis itu ada dorongan, meskipun bagaimana pun juga, doa itu sangat penting bagi kita orang Islam," ucapnya.

Di sisi lain, Nurdin menyoroti keistimewaan Porsadin yang memadukan olahraga dengan nilai-nilai keagamaan Islam. Ia juga menyinggung syair mars Porsadin yang dianggapnya memberi semangat luar biasa dan kekuatan yang sangat dahsyat.

"Coba kita lihat masa depan Islam kan itu "masa depan Islam tetap semakin  gemilang", itu adalah sesuatu yang sangat menjadi ruh kita, dan ini tidak hanya urusan dunia tapi sampai akhirat," ungkapnya.

Kepala Sub Bagian Tata Usaha Kantor Kementerian Agama Kabupaten Garut, Endang Sutiara, juga memberikan pujiannya terhadap perkembangan FKDT Kabupaten Garut yang kian maju. Ia menilai keberhasilan ini tidak lepas dari kepemimpinan Ketua FKDT Kabupaten Garut, yang telah membawa daerah ini menjadi juara umum PORSADIN tingkat Provinsi Jawa Barat dua kali berturut-turut. 

"Nah ini tantangan yang berat bagi adik-adik yang akan bertandang di Tasik besok, dan kita harus bisa mempertahankan," ucapnya.

Ia juga mengingatkan kepada para kafilah untuk dapat menyimak pembekalan yang diberikan oleh para pembimbing serta menjaga kesehatan dengan baik, sehingga Kabupaten Garut dapat mempertahankan gelar juara umum.

Sementara itu, Ketua FKDT Kabupaten Garut, Iim Komarudin, menyampaikan bahwa Kabupaten Garut mengirimkan 37 peserta yang akan bertanding dalam 14 cabang olahraga di PORSADIN ke-7. Selama tiga hari (23-25 Agustus) mereka akan didampingi oleh 37 pendamping dan 37 ofisial. 

"Yang akan berangkat ke Kabupaten Tasikmalaya ditambah panitia semua total 120 orang," lanjutnya.

Terakhir, ia mengajak kepada seluruh ofisial, pembimbing, dan pendamping untuk tetap memberikan motivasi kepada para anak-anak agar dapat berprestasi, sehingga Kabupaten Garut dapat mempertahankan gelar juara umum.

"Mudah-mudahan harapan kami, semua peserta bisa berangkat ke tingkat nasional. Yang insha Allah tingkat nasional akan dilaksanakan di Provinsi Lampung pada bulan November," tandasnya.


Caption :

Pelaksanaan pelepasan Kafilah asal Garut untuk mengikuti Pekan Olahraga dan Seni Antar Diniyah (PORSADIN) ke-7 tingkat Provinsi Jawa Barat. Pelepasan berlangsung di Sekretariat Forum Komunikasi Diniyyah Takmiliyah (FKTD) Kabupaten Garut, Kecamatan Tarogong Kidul, Kabupaten Garut, Kamis (22/8/2024). (Foto: Moch Ahdiansyah/ Diskominfo Kab. Garut)

Penulis : Nindi Nurdiyanti 

Penyunting : Yanyan Agus Supianto




Komentar
Isi Komentar