Seekor Ular Sanca Berukuran Besar Berhasil Dievakuasi Personel Disdamkar Garut

By: Dinas Pemadam Kebakaran
Rabu, 01 Juni 2022
Dibaca: 271

Seekor Ular Sanca Berukuran Besar Berhasil Dievakuasi Personel Disdamkar Garut

Seekor ular sanca berukuran besar dengan nama latin Malayopython reticulatus berhasil dievakuasi personel Dinas Pemadam Kebakaran (Disdamkar) Kabupaten Garut UPT Wil. 2 Bungbulang.

Evakuasi ini dilaksanakan pada hari Rabu, 1 Juni 2022 pukul 8.45 WIB, yang berlokasi di Kampung Rupit, Desa Cihikeu, Kecamatan Bungbulang, Kabupaten Garut.

Ular tersebut dapat di taklukan dengan mudah menggunakan grab stick,  pengetahuan tentang ular yang dikuasai personel Disdamkar juga menjadi salah satu penunjang dalam melakukan evakuasi.

Kasubbag TU UPT Wil. 2 Bungbulang, Hendra Santoso, SE. menuturkan "ular sanca itu saat di ketemukan, sudah memakan lima ekor ayam yang terdiri dari satu induk ayam dan empat anak ayam, kejadian itu bermula dari kecurigaan pemilik kandang, dimana biasanya kandang berisik dengan suara ayam namun saat itu kandang ayam hening" tuturnya saat di konfirmasi.

"Habitatnya yang terganggu dan jumlah pangan di alam menipis menjadi salah satu faktor banyaknya ular yang masuk ke pemukiman warga, menjaga lingkungan agar tetap lestari adalah langkah awal mengurangi jumlah ular atau bahkan hewan liar lainnya masuk ke pemukiman" himbaunya.

Penulis : M. Fajar Aditya Siregar/Disdamkar




Komentar
Isi Komentar