Sebuah Rumah Panggung Terbakar, Kerugian Hingga 60 Juta Rupiah

By: Dinas Pemadam Kebakaran
Kamis, 02 September 2021
Dibaca: 608

Garut. Bungbulang. Setelah kemarin Dinas Pemadam Kebakaran (Disdamkar) Kabupaten Garut menangani 4 kejadian kebakaran dalam 1 hari, kali ini sebuah rumah permanen seluas 42 m² hangus terbakar di Desa Hegarmanah, Kecamatan Bungbulang (Kamis, 02 September).  Kejadian ini menimpa Lela (70) dan langsung dilaporkan oleh salah seorang warga yang langsung datang ke kantor Unit Pelaksana Teknis (UPT) Disdamkar Wilayah II Bungbulang sekitar pukul 09.50 WIB. 


Petugas merespon dengan menurunkan 1 unit kendaraan pemadam. Saat tiba di TKP, terlihat area yang terbakar adalah ruangan dapur dan sebagian besar ruangan tengah. Bahan penyusun bangunan yang mudah terbakar membuat api dengan cepat merambat. Tetapi, petugas dengan cepat segera mencegah terjadinya rambutan yang lebih besar. 


Kejadian ini diduga disebabkan oleh tungku pembakaran untuk memasak yang ditinggalkan dalam posisi menyala. Akibat kejadian ini, kerugian ditaksir mencapai 60 juta rupiah. Beruntung, 3 rumah di sekitar TKP berhasil diselamatkan dari rambatan api. 


Beberapa instansi lain turut membantu dalam menangani musibah ini, diantaranya Polsek Bungbulang, Koramil, Satpol PP, perangkat desa dan warga setempat. 


Kepala UPT Bungbulang, Yaumal Asri menghimbau masyarakat untuk selalu waspada terhadap penyebab kebakaran pada bahan mudah terbakar, salah satunya kebakaran rumah panggung. 


"Rumah panggung dibuat dari konstruksi dengan bahan kayu yang tentunya mudah terbakar. Oleh karena itu, pemilik rumah panggung hendaknya lebih waspada terhadap hal sekecil apapun yang berhubungan dengan api, termasuk saat memasak. Jangan sampai kejadian seperti ini terulang, pastikan jangan meninggalkan dapur saat memasak dan memperhatikan penggunaan api dalam aktivitas apapun." Ungkapnya. 


(Rendra/Disdamkar)




Komentar
Isi Komentar