Sebuah Kandang Ayam Terbakar, Kerugian Ditaksir Puluhan Juta

By: Dinas Pemadam Kebakaran
Rabu, 05 Januari 2022
Dibaca: 511

GARUT. Limbangan.  Dinas Pemadam Kebakaran (Disdamkar) kembali melaksanakan penanganan kebakaran. Kali ini laporan diterima oleh Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) melalui telepon darurat Markas Komando pada hari Selasa, 04 Januari 2022 sekitar pukul 12.10 WIB. Laporan tersebut berisi informasi terjadinya kebakaran sebuah kandang ayam di Kampung Cicurug, Desa Neglasari, Kecamatan Limbangan.

Mendapati laporan tersebut, tim Pusdalops langsung memberikan instruksi kepada Unit Pelaksana Teknis (UPT) Disdamkar Wilayah I Bl Limbangan untuk mengerahkan 1 unit kendaraan Pancar. Tidak hanya itu, Mako juga menurunkan 1 unit Water Supply sebagai back-up apabila unit Pancar membutuhkan pasokan air. 


Petugas tiba di lokasi dengan respon time sekitar 10 menit dan mendapati kobaran api masih menyala dan merambat dengan cepat. Petugas langsung melakukan penyiraman pada bagian yang belum terbakar untuk mencegah rambatan lebih luas. Selanjutnya, petugas melakukan pemadaman menggunakan Nozzle bertekanan untuk memadamkan api.

Diketahui bahwa pemilik bangunan kandang adalah Eutik (47) dan dia menduga bahwa awal mula penyebab kebakaran berasal dari percikan api akibat terjadinya konsleting listrik. 

Tidak ada korban jiwa maupun korban luka dalam kejadian ini, namun kandang ayam seluas 160 meter persegi harus ludes dilahap api dan diperkirakan kerugian mencapai 50 juta rupiah. Pihak Polsek Limbangan dan masyarakat setempat turut membantu dalam penanganan kebakaran.


Kepala Sub Bagian Umum UPT Wilayah I Bl Limbangan, Deni Rusnandi turut mengimbau masyarakat untuk selalu waspada dimanapun berada.

"Kandang ayam memiliki konstruksi yang mudah terbakar karena terbuat dari bahan yang mudah terbakar. Oleh karena itu, pastikan instalasi listrik dalam keadaan baik dan sesuai dengan standar nasional untuk mencegah terjadinya konsleting yang dapat menjadi pemicu kebakaran." Himbaunya.


(TIM PUSDALOPS / DISDAMKAR)




Komentar
Isi Komentar