Sebuah Dapur Rumah Semi Permanen Terbakar, Beruntung Rambatan Api dapat Dicegah

By: Dinas Pemadam Kebakaran
Rabu, 09 Maret 2022
Dibaca: 628

Sebuah Dapur Rumah Semi Permanen Terbakar, Beruntung Rambatan Api dapat Dicegah

GARUT, Cisurupan - Kejadian kebakaran tidak mengenal kapan dan dimana akan terjadi. Semua kondisi memiliki resiko tersendiri terhadap bahaya kebakaran, termasuk rumah. Hal ini yang terjadi di Kampung Caringin, Desa Cidatar, Kecamatan Cisurupan pada Selasa (08/03/2022) sekitar pukul 23.00 WIB. Laporan diterima oleh Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) di Markas Komando Dinas Pemadam Kebakaran (Disdamkar) Kabupaten Garut.

Pusdalops menerukan informasi ini kepada Pos Disdamkar Sektor Cikajang. Petugas merespon dengan meluncurkan 1 unit kendaraan Pancar. Saat tiba di lokasi, sebuah rumah semi permanen terbakar pada bagian dapur. Beruntung, rambatan api dapat dicegah sehingga tidak menjalar ke bagian ruangan lainnya. Petugas juga melakukan peninjauan akhir untuk memastikan tidak ada sumber api yang tersembunyi.

Menurut Santi (33) sebagai saksi, diduga awal penyebab kebakaran berasal dari kebocoran gas elpiji. Akibat kejadian ini, Pemilik rumah, Agus (46) harus menelan kerugian sekitar 5 juta rupiah. Beruntung, sebagian besar bagian rumahnya dapat terselamatkan. Tidak ada korban dalam kejadian ini dan penanganan berakhir sekitar pukul 23.30 WIB.


Menyikapi kejadian ini, Kepala Disdamkar Eded Komara Nugraha menghimbau masyarakat untuk waspada terhadap faktor penyebab kebakaran, terutama saat malam hari.

"Ketika malam hari, seringkali tingkat kewaspadaan terhadap kondisi rumah menurun. Termasuk dalam kasus ini yang diduga disebabkan kebocoran gas elpiji terjadi di malam hari. Oleh karena itu, untuk warga masyarakat harap dengan rutin mengecek komponen kompor dan tabung gas. Tingkatkan juga kewaspadaan terhadap faktor penyebab kebakaran terutama pada malam hari" Himbaunya.


(Rendra Pranata / Disdamkar)




Komentar
Isi Komentar