Sebuah Bangunan Terbakar, Penyebab Masih Belum Diketahui

By: Dinas Pemadam Kebakaran
Minggu, 27 Juni 2021
Dibaca: 405

Garut. Kadungora. Sebuah bangunan yang terbuat dari kayu dan triplek hangus terbakar. Bangunan ini difungsikan sebagai pos penjaga untuk pegawai dari peternakan ayam milik Neti (50) yang berlokasi di Desa Hegarsari, Kadungora. Laporan diterima oleh Dinas Pemadam Kebakaran (Disdamkar) Kabupaten Garut sekitar pukul 10.55 WIB. Menerima laporan tersebut, petugas langsung meluncur ke Tempat Kejadian Perkara (TKP). Menurut saksi, yang juga salah satu pegawai dari peternakan ayam tersebut, Alit (32) mengatakan bahwa api pertama kali muncul dari bagian atap bangunan. Melihat hal tersebut kemudian Ia segera menghubungi Disdamkar. Warga setempat juga turut memadamkan api dengan alat seadanya.

Petugas mengerahkan 2 unit kendaraan pemadam, yaitu 1 unit kendaraan Pancar dan 1 unit kendaraan Water Supply. Saat tiba di TKP, sebagian besar bangunan telah habis dilalap si Jago Merah karena konstruksi bangunan yang terbuat dari bahan yang mudah terbakar. Selain itu, isi dari bangunan berupa kompor, kasur dan tabung gas membuat nyala api semakin mudah merambat. Beruntung, petugas dapat dengan cepat memadamkan api tanpa mengalami kendala yang berarti. Penyebab pasti kebakaran masih belum diketahui.

Selang 30 menit, petugas akhirnya menyatakan bahwa situasi telah kondusif. Akibat kejadian ini, kerugian ditaksir mencapai 40 juta rupiah. Beruntung, 2 unit motor berjenis bebek dan matic dapat diselamatkan. Polsek Kadungora dan aparat Desa Hegarsari turut membantu dalam penanganan kejadian ini.

Kepala Bidang Operasi dan Penyelamatan, Wawan Sobarwan mengungkapkan bahwa konstruksi bangunan yang terbuat dari kayu dan triplek menjadi salah satu jenis bangunan yang rawan akan bahaya kebakaran. Hal ini dikarenakan bahan-bahan tersebut mudah sekali terbakar apabila ada pemicu sekecil apapun. Terakhir, pihaknya terus menghimbau untuk meningkatkan kewaspadaan mengenai bahaya kebakaran, karena kebakaran bisa terjadi kapan saja dan menimpa siapa saja.




Komentar
Isi Komentar