Program UMKM Naik Kelas Resmi Diluncurkan di Kabupaten Garut

By: Dinas Komunikasi dan Informatika
Senin, 10 Juni 2024
Dibaca: 263

Program UMKM Naik Kelas Resmi Diluncurkan di Kabupaten Garut

Kapasitas peserta program UMKM Naik Kelas akan ditempa selama 8 Bulan

GARUT, Garut Kota - Dinas Koperasi dan Usaha Kecil (Diskuk) Provinsi Jawa Barat resmi meluncurkan Program Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Naik Kelas di Kabupaten Garut. Acara Kick Off UMKM Naik Kelas diadakan di Ciplaz Garut, Kecamatan Garut Kota, pada Jumat (7/6/2024), dan dibuka oleh Staf Ahli Bupati Garut Bidang Ekonomi, Keuangan, dan Pembangunan, Nia Gania Karyana.

Program ini diikuti oleh 120 UMKM asal Garut yang akan menjalani pelatihan dan pendampingan intensif selama 8 bulan. Nia Gania Karyana menyampaikan harapannya agar program ini dapat meningkatkan skala usaha dari mikro menjadi kecil dan meningkatkan kompetensi UMKM untuk menjual produk mereka ke luar daerah dan luar negeri.

"Pesan untuk UMKM adalah tetap harus naik kelas dengan melengkapi berbagai hal, seperti izin usaha dan pemasaran. Saya tekankan pentingnya permodalan melalui Bank Jabar (BJB) dan pemasaran melalui Dinas Koperasi dan Indag serta dinas terkait lainnya," ujar Gania. 

Ia juga berharap kolaborasi dengan berbagai stakeholder dapat terus berlanjut dan mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang mendukung program ini.

Koordinator Daerah UMKM Naik Kelas, Hendro Sugiarto, menuturkan bahwa tujuan utama program ini adalah peningkatan skala UMKM melalui kolaborasi antara pemerintah daerah dan stakeholder lainnya. 

Program ini akan dilaksanakan selama 8 bulan, dengan 1 pendamping untuk setiap 20 UMKM. Selain pendampingan, UMKM juga akan mendapatkan kelas intensif setiap bulan.

"Ini merupakan salah satu bentuk bagaimana kita berusaha untuk melakukan kolaborasi antara pemerintah daerah dengan stakeholder lainnya," tutur Hendro.

"Setiap bulan kita mengadakan kelas yang disesuaikan dengan kebutuhan para UMKM, yang bisa diadakan di berbagai tempat seperti Ciplaz, Aula BJB, atau kampus," jelas Hendro. 

Ia menambahkan bahwa program ini juga mencakup upgrading kapasitas pelaku usaha dan business matching dengan target 3 deals: investasi, pembiayaan, dan kerjasama bisnis.

"Harapannya paling tidak kalau tidak bisa naik dari mikro ke kecil, paling tidak teman-teman bisa meningkatkan dari sisi kapasitasnya, kemudian yang kedua bisa meningkatkan dari skala usahanya," tandasnya.


Caption :

Pelaksanaan Kick Off UMKM Naik Kelas, yang dilaksanakan di Ciplaz Garut, Kecamatan Garut Kota, Kabupaten Garut, Jum'at (7/6/2024). (Foto : Anggana Mulia Karsa & Rahmatillah Ramadhani/Diskominfo Kab. Garut). 

Penulis : Muhamad Azi Zulhakim

Penyunting : Yanyan Agus Supianto




Komentar
Isi Komentar