Petugas Disdamkar Garut Evakuasi Sarang Tawon Di Dua Lokasi

By: Dinas Pemadam Kebakaran
Selasa, 15 Maret 2022
Dibaca: 249

GARUT, Tarogong Kidul - Petugas Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Garut evakuasi sarang tawon di dua lokasi, lokasi pertama Di Gedung Sport Hall Jl. Merdeka No. 182, SOR Ciatel, Kecamatan Tarogong Kidul dan lokasi kedua di kampung Bebedahan, Kecamatan Malangbong, yang dilaksanakan pada hari Selasa, 15/03/2022.

Kepala Seksi Penyelamatan Non Kebakaran Yuli Yuliani menjelaskan "Tawon vespa ini memiliki karakteristik sarang yang besar bisa lebih dari 60 cm dan memiliki struktur sarang yang sangat kuat." Jelasnya.

"Tawon ini tidak akan menyengat apabila tidak diganggu. Selain itu, tawon Vespa mempunyai sifat teritorial. Sengatan dan racun (venom) digunakan sepenuhnya untuk pertahanan diri ketika individu dan koloninya terganggu (diserang)" tambahnya.

Maraknya laporan untuk evakuasi sarang tawon akhir-akhir ini, terlebih di musim penghujan, hal ini perlu mendapat perhatian khusus, seperti apa penyebab tawon mau bersarang di pemukiman warga. "Dimusim penghujan ini banyak sekali laporan sarang tawon untuk di evakuasi, hal itu disebabkan karna tawon akan mencari tempat tinggal yang aman dan terlindung dari hujan ataupun gangguan lainnya" ungkapnya.

Berdasarkan karakteristik tawon vespa ini, bila warga menemukannya segera laporkan ke Call Center Disdamkar untuk tindakan lebih lanjut "jangan mengusik sarang tawon yang bersarang, cukup laporkan saja ke Call Center Disdamkar, agar segera di tindak lanjuti, pelayanan kami tidak dipungut biaya" tutupnya.

(M. Fajar Aditya Siregar/Disdamkar)




Komentar
Isi Komentar