Penjabat Bupati Garut Serahkan Bantuan Alat Melaut kepada Nelayan Terdampak Banjir Rob

By: Dinas Komunikasi dan Informatika
Jumat, 12 Juli 2024
Dibaca: 46

Penjabat Bupati Garut Serahkan Bantuan Alat Melaut kepada Nelayan Terdampak Banjir Rob

GARUT, Caringin - Penjabat (Pj) Bupati Garut, Barnas Adjidin, menyerahkan secara simbolis bantuan dari Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Republik Indonesia berupa alat melaut kepada para nelayan di Kecamatan Caringin dan Cibalong yang menjadi penyintas bencana banjir rob pada bulan Maret lalu. Penyerahan bantuan dilakukan di Koperasi Multi Pihak Cara Karya Nusantara, Kecamatan Caringin, Kabupaten Garut, pada Kamis (11/7/2024).

Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan (Diskannak) Kabupaten Garut, Beni Yoga Guna Santika, mengatakan, penyerahan bantuan ini bertujuan untuk memulihkan ekonomi nelayan yang terdampak bencana banjir rob. Ia berharap bantuan tersebut dapat membantu nelayan untuk segera kembali melaut, mengingat banyak dari mereka yang mengalami kerusakan hingga kehilangan peralatan melaut seperti jaring, perahu, dan mesin motor.

"Alhamdulillah, seluruh nelayan yang kemarin terkena bencana, dengan serah terima ini, mudah-mudahan bisa segera melaut lagi," ujar Beni.

Selain itu, turut diserahkan bantuan pelampung dari Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Garut sebanyak 40 unit untuk para nelayan. Sekretaris Dinas Perhubungan (Sekdishub) Kabupaten Garut, Asep Jaelani, berharap pelampung tersebut dapat membantu menjaga keselamatan nelayan saat melaut.

Berikut beberapa bantuan yang diberikan kepada para nelayan:

1. Mesin motor tempel kapasitas 15 PK sebanyak 22 unit (16 unit untuk nelayan Caringin dan 6 unit untuk nelayan Cibalong).

2. Alat tangkap berupa 760 paket gillnet/jaring sirang (500 paket untuk 100 nelayan Caringin dan 260 paket untuk 52 nelayan Cibalong).

3. 40 buah pelampung.

Dengan adanya bantuan ini, diharapkan para nelayan yang terdampak bencana banjir rob dapat kembali beraktivitas normal dan meningkatkan kesejahteraan mereka.


Caption :

Pj Bupati Garut, Barnas Adjidin, secara simbolis menyerahkan bantuan alat melaut bagi nelayan di Kecamatan Caringin, Kabupaten Garut, Kamis (11/7/2024). (Foto : Moch. Ahdiansyah & Ilham Kautsar P/Diskominfo Kab. Garut).

Penulis : Muhamad Azi Zulhakim

Penyunting : Yanyan Agus Supianto




Komentar
Isi Komentar