Pemkab Garut Terima 405 PJU Tenaga Surya dari Kementerian ESDM

By: Dinas Komunikasi dan Informatika
Senin, 15 Juli 2024
Dibaca: 62

Pemkab Garut Terima 405 PJU Tenaga Surya dari Kementerian ESDM

TANGERANG -  Sebanyak 405 titik Penerangan Jalan Umum Tenaga Surya (PJU-TS) diserahkan oleh Direktorat Jenderal Energi Baru, Terbarukan, dan Konservasi Energi (EBTKE) Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) kepada Pemerintah Kabupaten Garut. 

Penyerahan ini diterima secara simbolis oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Garut, Nurdin Yana, dalam acara Penandatanganan Berita Acara Serah Terima (BAST) dan Naskah Hibah Barang Milik Negara (BMN) Infrastruktur Ditjen EBTKE dan Badan Geologi Kementerian ESDM, yang dilaksanakan di Hotel Novotel, Kota Tangerang, Jum'at (12/7/2024).

Sekda Nurdin Yana, menyampaikan rasa terima kasihnya kepada Kementerian ESDM atas bantuan PJU-TS tersebut. Bantuan ini terdiri dari 405 titik yang tersebar di 38 kecamatan di Kabupaten Garut pada tahun 2023. Nurdin berharap bantuan serupa dapat diberikan ke kecamatan atau desa/kelurahan lain yang belum menerima fasilitasi PJU-TS untuk meningkatkan ekonomi masyarakat.

Dengan jumlah kecamatan dan desa serta kelurahan yang cukup banyak, Nurdin berharap Kementerian ESDM melalui Ditjen EBTKE dapat memberikan atau mengintervensi bagi kecamatan atau desa/kelurahan yang belum mendapatkan fasilitasi PJU-TS, karena menurutnya bantuan PJU-TS ini dapat memberikan manfaat bagi pengembangan serta peningkatan ekonomi masyarakat.

Ia juga berharap ada kolaborasi dan koordinasi antara Pemkab Garut dengan Ditjen EBTKE terkait pembinaan Sumber Daya Manusia (SDM) dalam pengawasan dan pemeliharaan PJU-TS agar bantuan yang diberikan bisa terawat dan bermanfaat secara optimal.

"Supaya bilamana ada persoalan atau kerusakan, SDM kami dapat memperbaikinya tanpa harus menunggu teknisi dari kementerian, karena sesuai dengan naskah hibah, setelah ditandatangani, PJU-TS menjadi tanggung jawab Pemkab Garut," ujar Nurdin Yana didampingi Ķepala Dinas Perhubungan Kabupaten Garut, Satriabudi.

Dalam acara tersebut, diserahkan total 11.054 unit BMN dari Kementerian ESDM kepada pemerintah daerah dengan nilai total Rp170.833.438.778. Ini termasuk 11.045 unit dari Direktorat Jenderal EBTKE yang tersebar di 55 kabupaten se-Indonesia dengan total nilai Rp166.593.916.370 berupa Lampu LED, PJU-TS, dan PLTS Rooftop. Selain itu, dari Badan Geologi terdapat 9 unit senilai Rp4.239.522.408 berupa sumur Air Bersih.


Caption :

Sekda Kabupaten Garut, Nurdin Yana, memberikan sambutan dalam acara Penandatanganan Berita Acara Serah Terima (BAST) dan Naskah Hibah Barang Milik Negara (BMN) Infrastruktur Ditjen EBTKE dan Badan Geologi Kementerian ESDM, yang dilaksanakan di Hotel Novotel, Kota Tangerang, Jum'at (12/7/2024). (Foto : Dok. Dishub Kab. Garut).

Penulis : Muhamad Azi Zulhakim

Penyunting : Yanyan Agus Supianto




Komentar
Isi Komentar