Pelatihan VSAT oleh BAKTI Kemenkominfo di Garut Tingkatkan Kompetensi SDM Lokal

By: Dinas Komunikasi dan Informatika
Selasa, 27 Agustus 2024
Dibaca: 87

Pelatihan VSAT oleh BAKTI Kemenkominfo di Garut Tingkatkan Kompetensi SDM Lokal

GARUT, Tarogong Kidul - Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) Republik Indonesia menyelenggarakan Pelatihan Dasar Jaringan Very Small Aperture Terminal (VSAT) Remote Terminal Ground Segment (RGTS) di SMK Ciledug Al-Musaddadiyah Garut. Pelatihan ini berlangsung dari Senin, 26 Agustus hingga Sabtu, 1 September 2024.

Acara tersebut dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Garut, Margiyanto, di Aula Institut Teknologi Garut (ITG), Jalan Mayor Syamsu No.2, Kecamatan Tarogong Kidul, Kabupaten Garut, Senin (26/8/2024).

Dalam sambutannya, Margiyanto menyatakan apresiasinya terhadap BAKTI Kominfo yang telah berupaya meningkatkan kompetensi sumber daya manusia (SDM) di bidang pengembangan jaringan melalui pelatihan ini. 


"Ini adalah bagian dari upaya pemerintah daerah dalam mendorong peningkatan kompetensi SDM di Kabupaten Garut, terutama untuk mendukung pengembangan jaringan komunikasi di wilayah yang masih banyak blank spot," ujarnya.

Margiyanto juga berharap agar pelatihan ini dapat melahirkan entrepreneur-entrepreneur muda - wirausahawan muda yang bergerak di bidang jasa telekomunikasi, sekaligus meningkatkan potensi ekonomi berbasis teknologi informasi. 

Ia meminta kepada peserta untuk mengikuti pelatihan dengan serius, karena pengetahuan yang diperoleh akan menjadi bekal kehidupan di masa depan.

Perwakilan BAKTI Kominfo, Ali Farza, menjelaskan bahwa pelatihan ini bertujuan untuk menyediakan SDM yang terampil di bidang teknologi satelit, sesuai dengan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP). "Selain pelatihan dasar, peserta juga akan mengikuti sertifikasi, sehingga setelah pelatihan mereka diharapkan telah tersertifikasi," jelasnya.

Ali Farza menambahkan, materi yang disampaikan dalam pelatihan ini mencakup teknologi VSAT, Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3), serta dasar-dasar jaringan dan teknologi satelit. Ia berharap peserta tidak hanya mendapatkan sertifikasi, tetapi juga mampu mengembangkan upskill (keahlian baru) dan dapat terserap oleh industri.

"Target kita sebenarnya tadi untuk menyediakan dan tersedia juga teknisi-teknisi, sehingga nantinya secara berkesinambungan biaya untuk maintenance kemudian instalasi di teknologi satelit tidak hanya BAKTI tapi untuk industri juga itu bisa lebih murah," ungkapnya.

Perwakilan Yayasan Al-Musaddadiyah, Irfan Nabhani, mengungkapkan bahwa pelatihan ini diikuti oleh 50 calon teknisi, dengan tujuan untuk memberikan kesempatan kepada lulusan SMK di Kabupaten Garut, khususnya dari SMK Al-Musaddadiyah, untuk berperan serta dalam pembangunan infrastruktur telekomunikasi nasional. 

"Saya berharap mudah-mudahan mereka bisa dibekali dan bisa memiliki mental yang cukup kuat untuk bisa beradaptasi dengan kondisi di lapangan," tandasnya.

Caption :

Kepala Diskominfo Kabupaten Garut, Margiyanto, membuka secara resmi Pelatihan Dasar Jaringan VSAT RTHS, yang berlangsung di Aula Institut Teknologi Garut (ITG), Jalan Mayor Syamsu No.2, Kecamatan Tarogong Kidul, Kabupaten Garut, Senin (26/8/2024). (Foto : M. Azi Zulhakim, Restu, & Rafi/Diskominfo Kab. Garut).

Penulis : Muhamad Azi Zulhakim

Penyunting : Yanyan Agus Supianto




Komentar
Isi Komentar