Koloni Tawon Yang Bersarang Dirumah Warga Kampung Ciwalen Berhasil Dievakuasi Petugas Disdamkar Garut

By: Dinas Pemadam Kebakaran
Selasa, 22 Maret 2022
Dibaca: 401

Koloni Tawon Yang Bersarang Dirumah Warga Kampung Ciwalen Berhasil Dievakuasi Petugas Disdamkar Garut
GARUT, Garut Kota - Petugas Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Garut melakukan evakuasi sarang tawon di salah satu rumah warga Wahdan (L) (47) di Kampung Ciwalen, Desa Ciwalen, Kecamatan Garut Kota, Kabupaten Garut pada hari Selasa 22 Maret 2022.

Komandan Regu 1 Disdamkar Garut Supriatna saat dikonfirmasi mengatakan, proses evakuasi sarang tawon yang berada di atap rumah ini berjalan cukup lama. "Medan pijakan yang licin karena selesai gerimis juga lokasi sarang tawon diketinggian, petugas harus ekstra berhati hati dalam bertindak" ujarnya.

Dia menjelaskan, saat itu rekannya sedang melakukan evakuasi sarang tawon vespa affinis dengan ukuran kurang lebih sebesar sarang tawon

Setelah mengevakuasi sarang tawon, petugas kemudian melakukan pembasahan agar tawon tak kembali membuat sarang.

“kita tutup pintu posnya lalu kita semprot dengan cairan BBM yang dicampur dengan formula khusus tawon, setelah itu kita sterilkan” pungkasnya.

Sementara, pemilik Rumah, menambahkan sangat terbantukan dengan petugas Disdamkar Garut yang membantu proses evakuasi sarang tawon vespa lantaran pemukiman tersebut padat penduduk.

Adapun pemilik rumah mengetahui adanya sarang tawon, namun tak kunjung melaporkannya sekitar dua minggu setelah ia mengetahui adanya sarang tawon "beruntung tidak ada korban, pendiaman seperti ini sangan berbahaya terlebih lagi ini sarang tawon vespa yang berbahaya, bila menemukan adanya sarang tawon, langsung saja melapor ke call center disdamkar garut" imbuhnya.

Penulis : M. Fajar Aditya Siregar/Disdamkar




Komentar
Isi Komentar