Heroik, Aksi Petugas Disdamkar Garut Saat Evakuasi ODGJ Yang Memanjat Menara

By: Dinas Pemadam Kebakaran
Rabu, 04 Mei 2022
Dibaca: 306

Heroik, Aksi Petugas Disdamkar Garut Saat Evakuasi ODGJ Yang Memanjat Menara

GARUT, Garut Kota - Dinas Pemadam Kebakaran (Disdamkar) Kabupaten Garut pada hari Rabu, 4 Mei 2022 berhasil mengevakuasi Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) berinisial U (L) (23) yang naik keatas menara Mesjid Agung Garut.

Pada pukul 08.13 WIB Call Center Disdamkar Garut mendapati laporan dari petugas Satpol PP yang sedang bertugas disekitaran Alun-alun Garut tentang adanya seorang pemuda yang naik keatas menara mesjid.

Mendapati laporan tersebut petugas Disdamkar Garut langsung merapat kelokasi, dan melakukan tindakan Preventif terhadap (U) dengan mengamati, membujuk, dan menghadirkan keluarganya.

Dalam proses evakuasi petugas mengalami kendala, sikap yang agresif (mengancam keselamatan jiwa) dari (U) cukup menghambat, beruntung keluarganya dapat hadir di lokasi sehingga memudahkan petugas dalam melakukan evakuasi.


Dalam kurun waktu 3 jam pada pukul 10.53 WIB seorang ODGJ berhasil di evakuasi petugas Disdamkar Garut beserta tim gabungan yang terdiri dari Dinsos , Polsek Garut Kota, Tagana, Relawan Pemadam Kebakaran (REDKAR), BPBD, dan Satpol PP, setelah evakuasi (U) langsung dilarikan ke tempat pengobatan tradisional yang berlokasi di Desa Godog, Kabupaten Garut.

Penulis : M. Fajar Aditya Siregar/Disdamkar




Komentar
Isi Komentar