Hari Keluarga dan Anak Nasional: Pj Bupati Garut Tekankan Pentingnya Peran Keluarga

By: Dinas Komunikasi dan Informatika
Kamis, 08 Agustus 2024
Dibaca: 81

Hari Keluarga dan Anak Nasional: Pj Bupati Garut Tekankan Pentingnya Peran Keluarga

GARUT, Garut Kota - Penjabat (Pj) Bupati Garut, Barnas Adjidin, memberikan apresiasi dan penganugerahan Program Bangga Kencana pada perayaan Hari Keluarga Nasional (HARGANAS) ke-31 dan Hari Anak Nasional (HAN) ke-40 tingkat Kabupaten Garut. Acara ini berlangsung di Gedung Pendopo, Kecamatan Garut Kota, Kabupaten Garut, Rabu (7/8/2024).

Pj Bupati Garut menekankan pentingnya perayaan Hari Keluarga Nasional dan Hari Anak Nasional. Menurut Barnas, keluarga memiliki peran vital dalam pendidikan, kesehatan, dan moral anak-anak, yang diharapkan mampu menghasilkan generasi unggul.

"Keluarga harus memberi pendidikan, kesehatan, ilmu, dan akhlak sehingga anak-anak yang lahir menjadi anak yang unggul," ujar Barnas. Ia menegaskan bahwa keluarga yang baik akan melahirkan generasi yang baik pula. Keluarga yang bisa membina anaknya maka akan menghasilkan anak yang unggul. 

Sementara itu, Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Barat, Fazar Supriadi Sentosa, menjelaskan bahwa Hari Keluarga merupakan upaya pemerintah untuk menyosialisasikan peran keluarga dalam mengatasi persoalan yang menghambat pembangunan. HARGANAS ditetapkan pada 29 Juni setiap tahunnya.

"Untuk mewujudkan SDM berkualitas, peran seluruh stakeholder dalam pembangunan keluarga dan percepatan penurunan stunting sangat penting," kata Fazar. Ia menambahkan bahwa pembangunan SDM menuju Indonesia Emas 2045 harus dimulai dari peningkatan kualitas keluarga, sehingga dapat menimbulkan rasa aman, tentram, serta harapan masa depan yang lebih baik.

Fazar juga menyebutkan tiga indikator penting dalam menciptakan keluarga berkualitas: ketentraman, kemandirian, dan kebahagiaan keluarga. "Dari ketiga indikator tersebut, akan tercipta keluarga yang tangguh dan berdaya saing," tuturnya.

Di tempat yang sama, Kepala Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan, dan Perlindungan Anak (DPPKBPPPA) Kabupaten Garut, Yayan Waryana, berharap peringatan HARGANAS dan HAN dapat memberikan manfaat nyata bagi masyarakat.

"Karena sejatinya peringatan HARGANAS dan HAN ini bukan hanya momentum pesta perayaan saja, tetapi lebih jauh agar memberikan output dan outcame yang dapat dirasakan oleh masyarakat di Kabupaten Garut," ujar Yayan.

Yayan menerangkan, maksud dari diselenggarakannya kegiatan ini salah satunya adalah mensinergikan visi, misi, serta komitmen dan perspektif terhada program kependudukan, keluarga berencana, pemberdayaan perempuan, serta perlindungan anak di Kabupaten Garut. 

Acara ini dihadiri oleh sekitar 400 peserta dari berbagai stakeholder. Beberapa kegiatan yang telah dilaksanakan oleh DPPKBPPPA Kabupaten Garut di antaranya adalah pembuatan klip video penanganan stunting di tiap kecamatan, pemilihan duta generasi berencana terbaik, dan berbagai kegiatan lainnya.


Caption :

Pelaksanaan pemberian apresiasi dan penganugerahan Program Bangga Kencana pada momentum Hari Keluarga Nasional (HARGANAS) ke-31 dan Hari Anak Nasional (HAN) ke-40 tingkat Kabupaten Garut yang berlangsung di Gedung Pendopo, Kecamatan Garut Kota, Kabupaten Garut, Rabu (7/8/2024). (Foto: Deni Seftiana/ Anggana Mulia/ Diskominfo Kab. Garut)

Penulis : Nindi Nurdiyanti 

Penyunting : Yanyan Agus Supianto




Komentar
Isi Komentar