Evakuasi Sarang Tawon Vespa di Malam Hari, Ini Alasan Rescue Damkar

By: Dinas Pemadam Kebakaran
Sabtu, 18 Juli 2020
Dibaca: 855

Pada hari Kamis, tanggal 17 Juli 2020, petugas pemadam kebakaran Kabupaten Garut kembali mengevakuasi sarang tawon jenis vespa di dua titik yang berbeda yang bersarang di atap rumah warga di kampung Cijelereun RT 01/RW 05 Desa Mekarsari Kecamatan Bayongbong, atas laporan dari seorang warga bernama Jaki.
Evakuasi berlangsung hampir selama satu jam karena ukuran sarang tawon yang mencapai dua kali bola basket. Berbekal cairan racun serangga, sejumlah petugas damkar bergantian naik ke atap rumah warga yang berada di Kampung Cijelereun itu. Petugas secara perlahan mencopot sarang tawon vespa tersebut.
Evakuasi sengaja dilakukan malam hari karena tawon jenis vespa tersebut lebih agresif ketika banyak cahaya terutama pada siang hari dan mengantisipasi terhadap serangan tawon, apa lagi di daerah kampung tersebut pernah menjadi korban meninggal akibat sengatan tawon.

Tawon yang dievakuasi memiliki bentuk lazim tawon pada umumnya. Ciri tawon vespa terlihat dari cincin kuning yang melingkar di bagian tengah tubuhnya.
Adapun petugas yang menangani evakuasi tawon tersebut yaitu Dadan wandani selaku kepala seksi penyelamatan, Ujang Supriatna (Danru), Rizal Hamdan, Agus, Dan Indra Bagja. 

Tidak ada korban dalam penanganan ini, pada pukul 22:03 WIB evakuasi sarang tawon telah selesai di lanjut melakukan pengecekan peralatan, pendataan akhir dan langsung balik kanan Mako Dinas Damkar untuk melanjutkan piket Kesiapsiagaan.




Komentar
Isi Komentar