Edukasi Anak Usia Dini Oleh Disdamkar Garut Guna Menekan Jumlah Insiden Kebakaran

By: Dinas Pemadam Kebakaran
Jumat, 25 Maret 2022
Dibaca: 294

Edukasi Anak Usia Dini Oleh Disdamkar Garut Guna Menekan Jumlah Insiden Kebakaran
GARUT, Tarogong Kidul - Pengenalan profesi pemadam kebakaran sejak dini, terus dilakukan Dinas Pemadam Kebakaran (Disdamkar) Kabupaten Garut, kali ini TK Kemala Bhayangkari yang berkunjung untuk belajar dan bermain, Jumat (25/03/2022).

Pengenalan ini menjadi sarana edukasi yang manfaatnya akan dirasakan saat terjadi bencana kebakaran sehingga saat api masih kecil, ia mengetahui cara yang benar mematikan api.

Kepala Bidang Pencegahan Disdamkar Garut, Dedi Kartiwan, S.Sos., M.Si. menuturkan "Kedepannya mereka akan mampu membantu rekan-rekan dan orangtuanya untuk lebih waspada akan bahaya kebakaran, baik di sekolah maupun tempat tinggal," tuturnya.

Fakta masih rendahnya pengetahuan anak-anak tentang bahaya kebakaran mendorong Disdamkar Garut terus melakukan edukasi penanggulangan kebakaran.

"Edukasi ini sebagai upaya menekan jumlah insiden kebakaran mulai dari kelompok terkecil yaitu keluarga melalui anak-anak agar tumbuh kewaspadaan akan bahaya kebakaran sejak dini," katanya.

Program ini sebagai implementasi dari PERMENDAGRI No. 114 Tahun 2018 Tentang Standar Teknis Pelayanan Dasar pada Standar Minimal Sub Urusan Kebakaran Daerah Kabupaten/Kota.

Kegiatan ini melibatkan murid TK, guru, dan perwakilan orang tua murid.

"Selain penyampaian edukasi seputar api dan bahaya yang dapat ditimbulkan, para murid juga dilatih untuk melakukan demo langsung pemadaman menggunakan Nozzle" tutupnya.

Penulis : M. Fajar Aditya Siregar/Disdamkar




Komentar
Isi Komentar