Dua Kejadian Kebakaran Sambut Lembaran Awal Bulan Juni

By: Dinas Pemadam Kebakaran
Selasa, 01 Juni 2021
Dibaca: 508

Garut, Tarogong Kidul. Memasuki bulan Juni, tingkat kewaspadaan mengenai bahaya kebakaran perlu ditingkatkan. Hal ini dikarenakan bulan ini merupakan awal dari fase musim kemarau (musim timur), dimana angin berhembus dari daratan Australia menuju Laut Cina Selatan yang menyebabkan wilayah Indonesia dilanda musim kemarau. Faktor ini menyebabkan tingkat resiko kebakaran juga meningkat seiring dengan suhu permukaan menjadi lebih tinggi.

Dua kejadian kebakaran terjadi di awal bulan ini dan berhasil ditangani oleh Dinas Pemadam Kebakaran (Disdamkar) Kabupaten Garut. Pertama, dilaporkan oleh warga via telepon darurat, terjadi kebakaran sebuah rumah yang dimiliki oleh Yusman (41) yang berlokasi di Desa Ciela Kecamatan Bayongbong (01/06/2021). Diduga api disebabkan oleh hubungan pendek arus listrik. Dua unit mobil pemadam dikerahkan untuk menaklukkan si jago merah. Luas area rumah yang terbakar sekitar 6 meter persegi. Tidak ada korban luka maupun korban jiwa dalam kejadian ini, namun diperkirakan kerugian mencapai 15 juta rupiah. Beruntung, beberapa bangunan di sekelilingnya masih bisa diselamatkan dari kobaran api.

Kedua, si jago merah melalap Kantor Desa Karanganyar yang berada di Desa Karanganyar Kecamatan Leuwigoong. Diduga api berasal dari hubungan pendek arus listrik. Petugas dari Unit Pelaksana Teknis (UPT) Disdamkar Wilayah I Bl. Limbangan berhasil memadamkan api dengan 1 armada unit pemadam. Bagian yang terbakar adalah bangunan lantai 1 dengan luas area terbakar sekitar 14 meter persegi. Beruntung api bisa dicegah perambatannya mengingat gedung bersebelahan dengan bangunan Sekolah Dasar. Kerugian ditaksir mencapai 150 juta rupiah. 


Dua kejadian ini tentu saja menjadi sebuah catatan untuk masyarakat dalam meningkatkan kesiapsiagaan dalam mewaspadai berbagai macam faktor penyebab kebakaran, terutama dalam penggunaan listrik sehari-hari. Petugas Disdamkar juga akan terus bersiaga demi mencegah kerugian yang lebih besar dari kejadian kebakaran. Tidak lupa, Kepala Bidang Operasi dan Penyelamatan, Wawan Sobarwan menghimbau kepada masyarakat untuk cekatan dalam melaporkan kejadian kebakaran maupun non kebakaran yang membutuhkan bantuan dari Disdamkar Garut, karena petugas selalu siaga 24 jam dalam melayani masyarakat.


(Rendra/Disdamkar Kab. Garut)




Komentar
Isi Komentar