DRAMATIS, EVAKUASI PELAPASAN CINCIN DI JARI ANAK 3,5 TAHUN

By: Dinas Pemadam Kebakaran
Minggu, 13 Pebruari 2022
Dibaca: 669

GARUT-Cibatu, Penyelamatan merupakan salah satu tugas Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Garut selain dari memadamkan api, kali ini UPT Pemadam Kebakaran  Wil 1 Limbangan melakukan evakuasi pelepasan cincin, Evi (37) Seorang ibu asal Desa Mekarsari, Kecamatan Cibatu, Kabupaten Garut kini bisa bernapas lega setelah cincin yang nyangkut di jari anaknya Dian (3,5) bisa dilepaskan petugas pemadam kebakaran (damkar), Minggu (13/2/2022). Proses evakuasi cincin di jari anaknya berlangsung sangat dramatis.

Dengan penuh ekstra hati-hati, petugas memotong cincin dengan alat pemotong gerinda kecil. Terlebih, korban yang merupakan anak kecil ini menangis ketakutan saat melihat alat pemotong cincin.

Kepala Seksi Penyelamatan Non Kebakaran Yuli Yuliani, SE mengatakan, korban datang bersama ibunya atas arahan kerabat yang mengetahui keahilan petugas dalam hal pemotongan cincin yang terjebak di jari.

“Cincin tersebut sudah berada di jari korban selama hampir dua minggu. Dugaannya karena ukuran ring cincin terlalu kecil bagi korban yang masih dalam masa pertumbuhan, sehingga cincin tidak bisa dilepaskan,” katanya.

Terkait kejadian itu, Kepala Bidang Operasi dan Penyelamatan, Syam Sumaryana, SH., MH menghimbau kepada warga untuk berhati-hati jika memasukan cincin yang berukuran kecil ke jari. Sebab, cincin yang berukuran kecil dapat menghambat aliran darah, sehingga memungkinkan jari bisa membengkak.

“Jika ada warga yang mengalami cincin yang tidak bisa dikeluarkan, petugas kami siap mengluarkan cincin di jari dengan alat khusus,” pungkasnya.

(M Fajar Aditya Siregar/Disdamkar)




Komentar
Isi Komentar