Disdamkar Kabupaten Garut Padamkan Tabung Gas LPG Yang Menyemburkan Api

By: Dinas Pemadam Kebakaran
Selasa, 15 Pebruari 2022
Dibaca: 430

GARUT, Bungbulang - Bocornya selang regulator GAS LPG 3 kg di Jl.raya bungbulang, kampung Cijangkar, Desa Bojong, Kecamatan Bungbulang, Kabupaten Garut yang menyemburkan api  pada Selasa pagi (15/02/2022) sekitar pukul 07.05 WIB. Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Garut (Disdamkar Garut) UPT Wil II Bungbulang langsung merespon laporan tersebut dengan menurunkan 1 unit kendaraan pemadam, yaitu 1 unit kendaraan pancar.

Dedi (L) (53) selaku kepala keluarga skaligus saksi dari kejadian tersebut menuturkan bahwa api muncul menyembur pada regulator GAS LPG 3 kg saat Istrinya sedang memasak air, panik melihat itu ia membawa dan melempar tabung GAS tersebut ke luar rumah, lalu menaburkan tanah pada tabung namun tindakan tersebut tidak membuahkan hasil, karena semakin panik akhirnya ia melapor ke Call Center Disdamkar untuk tindakan lebih lanjut, beruntung tidak ada korban jiwa dan kesigapan petugas pemadam kebakaran dalam penanganan tersebut, ujarnya.

Akibat dari Kebocoran ragulator tersebut, pemilik harus menelan kerugian sekitar Rp. 150.000 ,- . Penanganan tersebut berlangsung sekitar 10 detik menggunakan Apar jenis CO2.

Kepala Bidang Operasi dan Penyelamatan, Syam Sumaryana, SH., MH. mengatakan bahwa kewaspadaan terhadap bahaya kebakaran harus ditingkatkan, apalagi kebakaran tidak mengenal waktu dan tempat.

Kerapkali perawatan maupun penggunaan selang dan regulator tidak dilakukan dengan baik. "Mestinya sih dua tahun, tapi mengingat puluhan juta penduduk itu sering kali pemeliharaannya kurang terjaga, lebih amannya kita hitung satu tahun untuk mengganti selang dan regulator" Pungkasnya.


(M Fajar Aditya Siregar/Disdamkar)




Komentar
Isi Komentar