Disdamkar Berhasil Evakuasi Seekor Ular dari Sebuah Ruko di Jalan Raya Samarang

By: Dinas Pemadam Kebakaran
Rabu, 10 November 2021
Dibaca: 351

Garut. Tarogong Kaler. Dinas Pemadam Kebakaran (Disdamkar) memiliki tugas yang beragam. Tidak hanya pemadaman kebakaran, tetapi bidang penyelamatan juga menjadi prioritas. Seperti halnya yang dilakukan oleh petugas Markas Komando (Mako) Disdamkar Garut pada Rabu, 10 November 2021 sekitar pukul 15.30 WIB yang mengevakuasi seekor ular dari bangunan ruko. Petugas meluncur dengan menggunakan 1 unit kendaraan Rescue.

Laporan datang dari Yoga (41) yang juga sebagai pemilik ruko di Jalan Raya Samarang, Desa Rancabango Kecamatan Tarogong Kaler. Ia mengatakan melihat adanya ular yang masuk ke dalam ruko dari kebun yang berada di sampingnya. Petugas tiba dengan respon time sekitar 5 menit dan langsung mencari keberadaan ular. Ternyata ular tersebut bersembunyi di sudut ruangan yang terdapat tumpukan kardus. 

Hasil pencarian ditemukan seekor ular Lanang sapi (Coelognathus radiatus) sepanjang 1,5 meter yang sedang bersembunyi di balik kardus-kardus yang sudah tidak terpakai. Dengan menggunakan Grab Stick petugas berhasil menguasai ular untuk kemudian ditangkap. Kesaksian dari pemilik, ular masuk setelah bagian kebun di samping ruko dibersihkan. Kemungkinan habitatnya terganggu dan berpindah ke dalam ruko.

Ular ini tergolong tidak berbisa, tetapi tetap saja harus diwaspadai gigitannya untuk mencegah hal yang tidak diinginkan. Kepala Seksi Penyelamatan Non Kebakaran, Yuli Yuliani mengungkapkan kejadian ular masuk pemukiman cukup sering terjadi.

"ular adalah hewan liar yang pada umumnya hidup di habitat seperti sawah dan kebun. Apabila tempat tinggalnya terganggu, besar kemungkinan ular akan masuk ke dalam pemukiman untuk mencari tempat tinggal yang baru. Hal inilah yang harus diwaspadai karena kita tidak tahu kondisi lingkungan sekitar yang menjadi habitat hewan-hewan liar. Segera hubungi Disdamkar apabila terjadi kejadian serupa". Ujarnya.




Komentar
Isi Komentar