Digitalisasi Data untuk Penanganan Stunting Jadi Fokus Pertemuan Sekda Garut dan LAN RI

By: Dinas Komunikasi dan Informatika
Kamis, 30 Mei 2024
Dibaca: 150

Digitalisasi Data untuk Penanganan Stunting Jadi Fokus Pertemuan Sekda Garut dan LAN RI

GARUT, Tarogong Kidul - Sekretaris Daerah (Sekda) Garut, Nurdin Yana, mengadakan pertemuan dengan tim dari Pusat Pelatihan, Pengembangan, dan Pemetaan Kompetensi Aparatur Sipil Negara (PKASN) Lembaga Administrasi Negara (LAN) di Ruang Rapat Sekretariat Daerah (Setda) Center, Jalan Pembangunan, Kecamatan Tarogong Kidul, Kabupaten Garut, pada Kamis (30/5/2024).

Pertemuan ini bertujuan untuk membahas penggalian data digitalisasi administrasi pemerintahan dalam upaya menangani masalah stunting di Kabupaten Garut. 

Menurut Sekda Nurdin Yana, LAN adalah lembaga analisis di bawah Kementerian Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) yang ingin membuat formulasi dalam penanganan stunting, mengingat pentingnya permasalahan ini, sehingga hal tersebut menjadi alasan dari LAN untuk mengkaji lebih lanjut.

"Mereka akan menggali kondisi nyata di lapangan dengan studi kasus di Kabupaten Garut, untuk kemudian diformulasikan menjadi solusi yang bisa diterapkan di semua kabupaten/kota dalam menangani stunting," ujar Nurdin Yana.

Ia menambahkan, kajian yang dilakukan LAN mencakup aspek sumber daya manusia yang menangani stunting, aksesibilitas terkait kondisi stunting, dan digitalisasi data stunting yang ada di Kabupaten Garut saat ini. 

Sekda berharap, melalui pertemuan ini, pemerintah daerah dapat berkoordinasi lebih lanjut dengan LAN untuk mendapatkan hasil kajian yang dapat diimplementasikan dalam penggalian data digitalisasi administrasi penanganan stunting sesuai situasi dan kondisi yang ada.

"Saya berharap teman-teman dari KB, Dinkes, maupun Kominfo bisa bersinergi untuk menyajikan data konkret yang dapat menjadi dasar bagi LAN dalam merumuskan solusi yang adaptif untuk kebutuhan pemerintah kabupaten/kota di Indonesia," tambahnya.

Di tempat yang sama, Analis Kebijakan PKASN LAN RI, Anna Marifa Ayu Kencana, menyampaikan bahwa pada pertemuan ini pihaknya masih menggali data awal untuk digitalisasi administrasi pemerintahan terkait penurunan angka stunting di Kabupaten Garut.

"Dari data awal yang kami dapatkan, banyak informasi yang diberikan oleh Dinas Kesehatan dan KB sebagai leading sector penanganan stunting di Garut," jelas Anna.

Ia menjelaskan bahwa data yang sudah dikumpulkan akan dianalisis terlebih dahulu untuk memahami akar permasalahan penyebab tingginya angka stunting di Kabupaten Garut. 

"Dan hubungannya dengan digitalisasi pemerintahan seperti apa, baru kemudian nanti kita mungkin akan menindaklanjuti dengan pertemuan-pertemuan selanjutnya, kemudian kita analisis datanya," ungkapnya.

Anna menambahkan, bahwa hasil dari analisis tersebut nantinya akan menjadi sebuah rekomendasi kebijakan yang akan diekspos untuk Kabupaten Garut. Ia berharap, hasil analisis tersebut dapat bermanfaat bagi penurunan angka stunting di Kabupaten Garut.

"Mudah-mudahan hasilnya bisa (bermanfaat) selain buat kamu itu bisa bermanfaat untuk daerah karena kami ingin kita itu punya daerah mitra," tandasnya.


Caption :

Pelaksanaan pertemuan dengan tim dari Pusat Pelatihan dan Pengembangan dan Pemetaan Kompetensi Aparatur Sipil Negara Lembaga Administrasi Negara (LAN) yang berlangsung di Ruang Rapat Sekretariat Daerah (Setda) Center, Jalan Pembangunan, Kecamatan Tarogong Kidul, Kabupaten Garut, Kamis (30/5/2024).

(Foto: Anggana Mulia/ Rahmatillah Ramadhani/ Diskominfo Garut)




Komentar
Isi Komentar