Bidang Pencegahan Disdamkar Bersama UPT Wilayah II Bungbulang Lakukan Inspeksi Alat Proteksi Kebakaran di PLTM Cikandang

By: Dinas Pemadam Kebakaran
Minggu, 13 Pebruari 2022
Dibaca: 501

GARUT. Pakenjeng. Upaya pencegahan terus dilaksanakan oleh Dinas Pemadam Kebakaran (Disdamkar) Kabupaten Garut. Realisasinya dengan mengadakan kegiatan edukasi, simulasi hingga inspeksi alat proteksi kebakaran.

Hal ini juga yang dilakukan Bidang Pencegahan Kebakaran bersama dengan Unit Pelaksana Teknis (UPT) Disdamkar Wilayah II Bungbulang yang melaksanakan inspeksi alat proteksi kebakaran dan simulasi penanganan dini kebakaran. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Sabtu, 12 Februari 2022 dengan sasaran karyawan dari perusahaan Pembangkit Listrik Tenaga Minihidro (PLTM) Cikandang, Pakenjeng.

Inspeksi alat proteksi kebakaran dilakukan dalam rangka mengetahui kelayakan pengoperasian gedung dari segi keamanan dari ancaman kebakaran. Pemeriksaan ini meliputi pengecekan alat proteksi aktif dan alat proteksi pasif. Beberapa contoh alat proteksi yang menjadi target pemeriksaan diantaranya Alat Pemadam Api Ringan (APAR), sensor detector, Hydrant dan jalur evakuasi.


Selain itu, dilakukan sosialisasi dan simulasi penanganan dini kebakaran dengan peserta dari karyawan PLTM Cikandang. Tentunya hal ini bertujuan untuk memberikan sebuah keterampilan dalam mengoperasikan beberapa alat proteksi aktif, seperti APAR dan Hydrant. 


Kepala Bidang Pencegahan, Dedi Kartiwan berharap kegiatan ini menjadi sebuah cara untuk meningkatkan kesiapsiagaan dalam menghadapi adanya ancaman kebakaran pada gedung.

"Hasil pemeriksaan ini akan diketahui tingkat kelayakan sebuah gedung dari segi alat proteksi kebakaran, apabila ada kekurangan tentu akan diinformasikan kepada yang bersangkutan. Dengan begitu, diharapkan mampu untuk meningkatkan kesiapsiagaan dalam mengantisipasi adanya kebakaran."Tutupnya.

(Rendra Pranata/Disdamkar)




Komentar
Isi Komentar