Bappeda Kabupaten Garut Gelar Orientasi Penyusunan RPJMD 2025-2029

By: Dinas Komunikasi dan Informatika
Senin, 17 Juni 2024
Dibaca: 267

Bappeda Kabupaten Garut Gelar Orientasi Penyusunan RPJMD 2025-2029

GARUT, Tarogong Kidul - Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Garut mengadakan acara Orientasi Penyusunan Teknokratik Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Tahun 2025-2029 pada Jumat (14/6/2024). Acara ini berlangsung di Aula BAPPEDA Kabupaten Garut, Jalan Patriot, Kecamatan Tarogong Kidul.

Acara tersebut dihadiri oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Garut, Nurdin Yana, bersama perwakilan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dan kecamatan di lingkungan Pemerintah Kabupaten Garut.

a ini diharapkan dapat menghasilkan dokumen rencana pembangunan yang tidak hanya bersifat rutinitas, tetapi juga memiliki keterkaitan kuat dengan masalah yang harus diselesaikan oleh pemerintah daerah dalam lima tahun mendatang.

Dalam sambutannya, Nurdin Yana menekankan pentingnya penyusunan RPJMD yang berorientasi pada peningkatan kesejahteraan masyarakat. Program dan kegiatan dalam RPJMD 2025-2029 harus memiliki titik pemberangkatan yang jelas untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat.

Ia juga menggarisbawahi bahwa penyusunan RPJMD harus berdasarkan isu strategis dan permasalahan yang dihadapi masyarakat.

"Sehingga program dan kegiatan itu orientasinya terukur dalam rangka apa, itu yang ditekankan pada mereka," ujar Nurdin. 

Nurdin memerintahkan Bappeda untuk mendampingi proses perencanaan program dan kegiatan RPJMD. Menurutnya, penyusunan teknokratik ini merupakan kewenangan Pemkab Garut dan harus didasarkan pada data real terkait permasalahan yang ada.

"Harus ada pemuatan data yang real atas posisi permasalahan yang ada dan atas teknokratik yang kita sampaikan, sehingga nanti calon kepala daerah bisa menetapkan program kegiatan apa yang sekiranya representatif untuk kepentingan tadi itu," ucapnya.

Atas beberapa hal tadi, sekda menegaskan agar penyusunan RPJMD 2025-2029 ini bisa berdasarkan dari permasalahan yang dihadapi dan melihat bagaimana kondisi keuangan yang ada.

"Sehingga dengan demikian insya Allah ketika itu semua kita bergerak, maka apa yang menjadi (cita-cita) kesejahteraan masyarakat insya Allah akan terwujud," tegasnya.

Kepala BAPPEDA Kabupaten Garut, Didit Fajar Putradi, menyatakan bahwa hasil rancangan teknokratik RPJMD 2025-2029 akan dikoordinasikan dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU). Hal ini bertujuan agar visi dan misi kampanye calon kepala daerah dapat sesuai dengan isu strategis dan kebutuhan masyarakat. 

Penyusunan RPJMD juga akan berpedoman pada Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Kabupaten Garut, Provinsi Jawa Barat, serta Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional (RPJPN) 2025-2045.

"Dan yang paling penting kita bagi rumusan sasaran visi, kemudian arah kebijakannya itu juga mengacu kepada apa yang digariskan oleh pemerintah pusat," kata Didit.

Didit menekankan pentingnya perangkat daerah memahami isu strategis berdasarkan kondisi nyata di lapangan.

Didit menambahkan bahwa tindak lanjut dari kegiatan ini adalah pembentukan beberapa desk sesuai bidang perencanaan pembangunan. Pada minggu ketiga nanti, rancangan teknokratik akan disempurnakan, dan di minggu keempat, Pemkab Garut akan berkonsultasi dengan KPU, terkait hasil penyusunan Teknokratik RPJMD 2025-2029 Kabupaten Garut.

"Kita harapkan transformasi yang diharapkan muncul dan diatur dalam dokumen rencana lima tahunan kita nanti itu benar-benar dapat sesuai dengan apa yang sebenarnya dihadapi dan harus diselesaikan oleh pemerintah daerah sampai dengan 5 tahun ke depan," tandasnya.

Ia berharap dokumen teknokratik RPJMD ini bisa menjadi acuan yang jelas dan relevan, serta mampu membantu Pemkab Garut dalam mewujudkan rencana pembangunan yang konkret dan berdampak langsung pada penyelesaian masalah masyarakat.


Caption :

Pelaksanaan Orientasi Penyusunan Teknokratik Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Tahun 2025-2029 Kabupaten Garut, di Aula Bappeda Kabupaten Garut, Jalan Patriot, Kecamatan Tarogong Kidul, Kabupaten Garut, Jum'at (14/6/2024). (Foto : M. Azi Zulhakim & M. Sofyan Fauzi/Diskominfo Kab. Garut). 

Penulis : Muhamad Azi Zulhakim

Penyunting : Yanyan Agus Supianto




Komentar
Isi Komentar