Aksi Berani Petugas Disdamkar Kabupaten Garut Evakuasi Sarang Tawon Berukuran Besar Di Atas Genting

By: Dinas Pemadam Kebakaran
Sabtu, 26 Pebruari 2022
Dibaca: 796

Aksi Berani Petugas Disdamkar Kabupaten Garut Evakuasi Sarang Tawon Berukuran Besar Di Atas Genting

GARUT, Kadungora - Dinas Pemadam Kebakaran (Disdamkar) Kabupaten Garut Pos Sektor Leles, berhasil mengevakuasi sebuah sarang tawon jenis vespa (affinis) dari atas genting salah satu rumah warga.

Kepala Bidang Operasi dan Penyelamatan Syam Sumaryana mengatakan, evakuasi terhadap sarang tawon vespa tersebut berlangsung Sabtu (26/02/2022) malam sekitar pukul 19.10 WIB. Sarang tawon vespa tersebut dievakuasi dari atap rumah milik Asep Saefulloh (40)  di Kampung Haur Kuning, Desa Hegar Sari, Kecamatan Kadungora, Kabupaten Garut.

"Satu regu berjumlah lima orang petugas, diturunkan untuk melakukan evakuasi sarang tawon tersebut," ujar syam.

Syam menambahkan, proses evakuasi sarang tawon vespa tersebut berjalan dengan lancar, walaupun sarang tawon tersebut memiliki ukuran besar, dan juga medan yang menyulitkan petugas dalam melaksanakan evakuasi.

"Alhamdulillah evakuasi sarang tawon berjalan lancar aman dan sukses. Selesai penanganan sekitar pukul 20.30 WIB," kata Syam.

"Vespa affinis merupakan tawon predator yang memangsa larva serangga lain, seperti hama pertanian. Sengatan dan racun yang dimiliki, sebenarnya dipakai untuk pertahanan atau melindungi diri dan kelompoknya yang diganggu" Tuturnya.

Penulis : M. Fajar Aditya Siregar/Disdamkar
Penyunting : Ihsan Tadris Syifa/Diskominfo




Komentar
Isi Komentar