440 Jamaah Haji Kloter 39 Asal Garut Tiba dengan Selamat

By: Dinas Komunikasi dan Informatika
Jumat, 12 Juli 2024
Dibaca: 51

440 Jamaah Haji Kloter 39 Asal Garut Tiba dengan Selamat

GARUT, Garut Kota - Sebanyak 440 jamaah haji kloter 39 asal Kabupaten Garut tiba di area Pendopo Garut, Kecamatan Garut Kota, Kabupaten Garut, Kamis (11/7/2024). Kedatangan mereka disambut haru oleh keluarga yang telah menunggu di area Gedung Pendopo Garut.

Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umroh Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Garut, Indra Azwar Mawardi, menyampaikan bahwa kloter 39 ini terdiri dari 432 jamaah haji dan 8 petugas. Ia menambahkan bahwa seluruh jamaah dan petugas dalam kondisi sehat.

"(Di kloter 39) utuh, Alhamdulillah tidak ada (yang meninggal dunia)," ujar Indra.

Salah satu jamaah haji kloter 39 asal Tarogong, Usman Domiri (40), menuturkan bahwa pelaksanaan haji tahun 2024 berjalan dengan baik. Menurutnya, pelayanan dan perjalanan ibadah berlangsung lancar, khusyuk, dan terfasilitasi dengan baik.

"Peran petugas sangat membantu, terutama tim kesehatan dan tim bimbingan ibadah, semuanya sangat membantu terutama untuk jamaah yang berisiko tinggi dan lansia," tutur Usman.

Iqbal Maulana Pratama (25) dari Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH) Ummul Quro juga menyampaikan hal yang sama. Ia bersyukur bahwa seluruh jamaah kloter 39 bisa kembali berkumpul dengan keluarga dalam kondisi sehat.

Selama menjalankan ibadah di tanah suci, tutur Iqbal,  dirinya tidak menemui hambatan yang berarti. Iqbal berpesan kepada masyarakat yang akan melaksanakan ibadah haji tahun depan untuk mempersiapkan fisik, karena fisik yang bugar dan sehat sangat dibutuhkan dalam pelaksanaan ibadah haji.

"Pelayanan dari petugas Alhamdulillah semua baik-baik, ramah-ramah, dan sigap dalam hal apapun yang jamaah haji butuhkan," tandasnya.


Caption :

Prosesi pemulangan jamaah haji kloter 39 asal Kabupaten Garut, yang dilaksanakan di area Gedung Pendopo, Kecamatan Garut Garut, Kabupaten Garut, Kamis (11/7/2024). (Foto : M. Azi Zulhamim & Ari Muhammad/Diskominfo Kab. Garut). 

Penulis : Muhamad Azi Zulhakim

Penyunting : Yanyan Agus Supianto




Komentar
Isi Komentar