Tiga Kali Dihuni Koloni Tawon, Pemilik Rumah Lapor Disdamkar Garut

By: Dinas Pemadam Kebakaran
Senin, 21 Maret 2022
Dibaca: 637

Tiga Kali Dihuni Koloni Tawon, Pemilik Rumah Lapor Disdamkar Garut

GARUT, Banyuresmi - Petugas Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Garut melakukan evakuasi sarang tawon di salah satu rumah warga Asep Romli (L) (58) di Kampung Maleer, Desa Sukasenang, Kecamatan Banyuresmi, Kabupaten Garut pada hari Senin 21 Maret 2022.

Komandan Regu 1 Disdamkar Garut Supriatna saat dikonfirmasi mengatakan, proses evakuasi sarang tawon yang berada di atap rumah ini berjalan cukup lama. "Medan pijakan yang ditempuh cukup rapuh sehingga petugas harus berhati hati memilah pijakan" ujarnya.

Dia menjelaskan, saat itu rekannya sedang melakukan evakuasi sarang tawon vespa affinis dengan diameter antara 40 sampai 50 sentimeter (CM) pada atap rumah yang menjorok masuk ke sela-sela kamar.

Usai berhasil, mengevakuasi sarang tawon, petugas kemudian melakukan pembasahan agar tawon tak kembali membuat sarang.

“kita tutup lubang pintunya lalu kita semprot dengan cairan BBM yang dicampur ramuan khusus, setelah itu kita sterilkan” pungkasnya.

Sementara, pemilik Rumah, menambahkan sangat terbantukan dengan petugas Disdamkar Garut yang membantu proses evakuasi sarang tawon vespa lantaran pemukiman tersebut padat penduduk.

“sarang tawon ini sudah bersarang tiga kali, dan ini evakuasi ke tiga, semoga ini yang terakhir bagi tawon ini bersarang” ungkapnya.

Penulis : M. Fajar Aditya Siregar/Disdamkar




Komentar
Isi Komentar