Terjadi Kebakaran Akibat Kebocoran Gas di Daerah Karangpawitan Garut, Disdamkar Lakukan Penanganan

By: Dinas Pemadam Kebakaran
Jumat, 22 Juli 2022
Dibaca: 516

Kebakaran kembali terjadi, sebuah bangunan dapur, tepatnya di kampung ci paray jeruk Rt 01, Rw 01 Desa tanjung sari Kecamatan karangpawitan Kabupaten Garut, pukul 15.47 WIB, kamis (21/07/2022).Api berasal dari kebocoran tabung Gas. 

Menurut komandan Danru, supriatna menuturkan rumah tersebut milik bapak ujang apid (50) dengan luas bangunan kurang lebih 74 meter persegi. Pihaknya menurunkan 2 unit mobil pemadam untuk memadamkan kebakaran tersebut, Dengan respon time 7 menit. 


Kami menerima laporan dari masyarakat dan langsung menerjunkan 2 unit damkar, dibantu Perangkat Desa, dan warga masyarakat setempat untuk membantu memadamkan kobaran api, hingga api berhasil dipadamkan sekitar pukul 16.24 WIB. 

Ia menjelaskan penyebab kobaran api bersumber dari kebocoran Gas  dari ruangan dapur. Kobaran api kemudian dengan cepat menjalar, merembet ke bahan gorengan. 

 Berdasarkan informasi warga dan pemilik rumah, sebelum api menjalar ke seluruh bagian rumah, Tabung Gas yang berada di dapur meledak dan menimbulkan api yang besar, Salah satu warga yang mendapati kepulan asap dari rumah segera mendatangi rumah tempat kejadian, yang kemudian ditindak lanjuti dengan menurunkan saklar utama listrik, lalu ramai-ramai memadamkan api yang berkobar 

Mengetahui kebakaran itu, korban bersama sejumlah warga sekitar melakukan pemadaman dengan peralatan kain basah, beruntung api dapat dipadamkan oleh petugas pemadam kebakaran tak lama setelah tiba dilokasi kejadian, korban jiwa maupun luka tidak ada, namun untuk kerugian materi sekitar 350 ribu rupiah dan yang terselamatkan 433.500.000.

 Supriatna, menghimbau kepada seluruh masyarakat, langkah-langkah awal yang penting diketahui masyarakat dalam mengatasi kebakaran sebelum datangnya petugas pemadam kebakaran seperti, bila terjadi kebakaran diimbau untuk tidak panik perhatikan benda yang terbakar kemudian lakukan pemadaman dengan kain atau karung goni basah atau APAR (Alat Pemadam Ringan).Lepaskan regulator dari tabung gas elpiji dan segera bawa ke tempat terbuka serta menjauh dari lokasi kebakaran. " Ujarnya.




Komentar
Isi Komentar