Tanah Longsor Hantam Rumah Warga di Karangtengah

By: Dinas Komunikasi dan Informatika
Senin, 05 Agustus 2024
Dibaca: 531

Tanah Longsor Hantam Rumah Warga di Karangtengah

GARUT, Karangtengah - Tanah longsor menerjang sebuah rumah warga di Kampung Cihanja, Desa Caringin, Kecamatan Karangtengah, Kabupaten Garut pada Jumat petang (2/8/2024).

Camat Karangtengah, Dudi Suryadi, melaporkan, longsoran tersebut menimpa rumah Sandi (33) yang terletak di pinggir pesawahan. Rumah yang masih dalam proses pembangunan namun sudah dihuni tersebut mengalami kerusakan parah di dinding pinggir sepanjang 10 meter dan tinggi 3 meter akibat material longsor.

"Dinding rumah Sandi rusak dan material longsor juga masuk ke rumah kerabatnya," kata Dudi. Beruntung, bencana ini tidak menimbulkan korban jiwa, meskipun kerugian diperkirakan mencapai 10 juta rupiah.

Pemerintah Kecamatan Karangtengah telah melakukan berbagai upaya untuk menangani situasi ini. Bersama warga, mereka melakukan kerja bakti membersihkan area longsoran dan memperkuat tebing pesawahan guna mencegah longsor susulan.

Selain itu, bantuan logistik dari Lumbung Sosial Kecamatan Karangtengah juga telah disalurkan kepada penyintas. Bantuan tersebut meliputi kebutuhan anak, peralatan dapur, makanan siap saji, pakaian dewasa, dan kebutuhan lainnya.

Dudi menambahkan, kondisi tanah di wilayahnya termasuk kategori labil. Tidak sedikit rumah-rumah warga banyak berdiri di tebing-tebing perbukitan/kebun. Pihaknya melalui Satgas Kecamatan dan Desa kerap mengimbau dan mengingatkan warga yang tinggal di area tersebut untuk senantiasa waspada.


Caption :

Penanganan bencana tanah longsor yang menerjang salah satu rumah warga di Kampung Cihanja, Desa Caringin, Kecamatan Karangtengah, Kabupaten Garut, Jum'at petang (2/8/2024). (Foto : Dok. Pemerintah Kec. Karangtengah)

Penulis : Nindi Nurdiyanti 

Penyunting : Yanyan Agus Supianto




Komentar
Isi Komentar