Sosialisasi Bawaslu Garut : Masyarakat Diajak Aktif Laporkan Dugaan Pelanggaran Pilkada

By: Dinas Komunikasi dan Informatika
Rabu, 10 Juli 2024
Dibaca: 40

Sosialisasi Bawaslu Garut : Masyarakat Diajak Aktif Laporkan Dugaan Pelanggaran Pilkada

GARUT, Samarang - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Garut mengajak masyarakat untuk melaporkan setiap dugaan pelanggaran ke Panwaslu Kelurahan/Desa (PKD). Untuk meningkatkan pelayanan, Bawaslu juga akan menyediakan call center dengan nomor PKD di setiap desa. 

"Memang kondisi kami itu hanya satu orang tiap desa, sehingga kami bagaimana bisa mengajak semua elemen masyarakat di setiap daerah untuk menjadi tangan-tangan kami, mulut-mulut kami, bisa menyampaikan kondisi yang real di lapangan," ungkap Ketua Bawaslu Kabupaten Garut, Ahmad Nurul Syahid, di sela-sela kegiatan sosialisasi bertajuk Forum Warga Pengawasan Pemilihan Serentak Tahun 2024, di Kampung Sunda Wiwitan, Desa Cinta Karya, Kecamatan Samarang, Senin (9/7/2024).

Ahmad mengimbau masyarakat untuk aktif dalam setiap tahapan pilkada demi kelancaran proses pemilihan. "Jangan ragu melaporkan dugaan pelanggaran dan mari kita bersama-sama menciptakan Pilkada 2024 yang kondusif," tegasnya.

Ahmad Nurul Syahid, mengungkapkan bahwa forum warga ini merupakan sebuah langkah dari Bawaslu mengajak masyarakat untuk turut terlibat dalam proses pemilihan kepala daerah (pilkada) di tahun 2024.Melalui sosialisasi ini, pihaknya berharap partisipasi masyarakat tidak hanya datang ke TPS tetapi juga terlibat dalam setiap tahapan pilkada.

Ahmad menekankan pentingnya keterlibatan aktif masyarakat dalam proses pencocokan dan penelitian (coklit) data pemilih. 

"Misalkan ada tetangganya bahkan rumahnya dia belum kedatangan Pantarlih coklit, harus aktif bisa mencari informasi ke pantarlihnya langsung, atau ke pihak PPS, atau bahkan ke pihak kami PKD di tiap masing-masing," tamba Ahmad.

Bawaslu Kabupaten Garut akan terus mengadakan sosialisasi melalui Forum Warga di 42 kecamatan dengan berbagai segmen masyarakat. Pihaknya akan menyasar segmen disabilitas, tokoh masyarakat, dan pemuda,

"Disesuaikan dengan bagaimana komunikasi teman-teman panwascam membuat warga yang bisa bekerja sama dengan panwas kecamatan," tutupnya.


Caption :

Pelaksanaan Forum Warga Pengawasan Pemilihan Serentak Tahun 2024 yang berlangsung di Kampung Sunda Wiwitan, Desa Cinta Karya, Kabupaten Garut, Senin (9/7/2024). (Foto: Yogi Budiman/ Febri Noptageri/ Diskominfo Kab. Garut)

Penulis : Nindi Nurdiyanti 

Penyunting : Yanyan Agus Supianto




Komentar
Isi Komentar