Sebuah Gudang Kayu Terbakar, Beruntung Rambatan Api Dapat Dicegah

By: Dinas Pemadam Kebakaran
Minggu, 07 November 2021
Dibaca: 369

Garut. Karangpawitan. Sebuah tempat penyimpanan kayu bakar seluas 18 meter persegi ludes dilalap Si Jago Merah. Kejadian ini terjadi pada Sabtu, 06 November 2021 sekitar pukul 17.30 WIB. Dinas Pemadam Kebakaran (Disdamkar) Kabupaten Garut menerima informasi dari warga sekitar yang menuturkan bahwa terjadi kebakaran di Kampung Ciparay Irigasi, Tanjungsari, Karangpawitan. 

Petugas merespon laporan ini dengan waktu 5 menit untuk tiba di lokasi. Menurunkan 2 kendaraan pemadam, petugas berhasil mengamankan situasi dalam waktu sekitar 15 menit. Tidak ada kendala berarti saat petugas melaksanakan pemadaman.

Kejadian ini menimpa Maman S (68) yang dalam kesaksiannya melihat api telah membakar sebagian kayu yang berada di dekat tungku pembakaran untuk memasak. Hal ini membuatnya panik dikarenakan lingkungan pemukiman sekitar yang cukup padat. Ia menuturkan bahwa tungku sedang tidak digunakan namun api telah muncul dan membakar tumpukan kayu yang Ia simpan di sampingnya.

Akibat kejadian ini, kerugian ditaksir mencapai 5 juta rupiah. Namun, beruntung bangunan-bangunan disekitarnya dapat dicegah dari rambatan api sehingga tidak terjadi kerugian yang lebih besar. Penanganan kebakaran juga dibantu oleh unsur Polsek, Babinsa dan warga setempat.

Kepala Seksi Operasi Penanggulangan Bencana, Dhany Ramdhany menghimbau pentingnya kehati-hatian dalam menggunakan sarana tungku pembakaran.

"Bahan material kayu termasuk dalam kategori yang mudah terbakar. Menggunakan tungku pembakaran harus selalu dalam pengawasan baik dalam keadaan tidak digunakan sekalipun. Kewaspadaan menjadi kunci untuk mencegah faktor-faktor yang dapat menyebabkan kebakaran." Ungkapnya.


(Rendra Pranata/Disdamkar)




Komentar
Isi Komentar