Rapat Koordinasi DPMD Jabar : Optimalisasi Peran Pokjanal Posyandu Menuju Center of Excellence

By: Dinas Komunikasi dan Informatika
Senin, 03 Juni 2024
Dibaca: 56

Rapat Koordinasi DPMD Jabar : Optimalisasi Peran Pokjanal Posyandu Menuju Center of Excellence

GARUT, Tarogong Kaler - Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Provinsi Jawa Barat mengadakan Rapat Koordinasi Optimalisasi Peran Pokjanal Posyandu dalam Mewujudkan Posyandu Center of Excellence, Rabu (29/5/2024). Acara berlangsung di Ballroom Grand Santika Hotel, Jalan Cipanas Baru, Kecamatan Tarogong Kaler, Kabupaten Garut. Rapat ini dihadiri 150  perwakilan dari 27 kabupaten/kota, serta 19 anggota Pokjanal dari Provinsi Jawa Barat.

Kepala DMPD Jawa Barat, Dicky Saromi, mengatakan, rapat ini bertujuan mengoptimalkan peran pokjanal untuk menjadikan posyandu sebagai center of excellence. Pokjanal, sebagai kelembagaan lintas sektor, mendukung posyandu yang kini tidak hanya berfungsi sebagai tempat pemeriksaan kesehatan, tetapi juga sebagai forum konsultasi dan fasilitasi tindakan preventif kesehatan.

"Posyandu diharapkan menjadi generasi ketiga, bukan hanya tempat cek kesehatan ibu hamil, timbang bayi, atau pemberian makanan tambahan dan imunisasi, tetapi juga sebagai forum konsultasi dan fasilitasi tindakan preventif," jelas Dicky.

Dicky menegaskan, melalui pokjanal, pihaknya membantu menyusun rencana demi mewujudkan posyandu center of excellence.

"Kami berharap persoalan strategis di Jawa Barat dapat diatasi melalui kontribusi posyandu," tandasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Garut, dr. Leli Yuliani, yang hadir mewakili Pj. Bupati Garut pada acara tersebut  berharap, melalui rapat ini, masalah kesehatan di Kabupaten Garut, khususnya stunting dan peningkatan kualitas pelayanan posyandu, dapat diatasi.

"Peserta diharapkan mengikuti serius, memahami, dan kemudian bekerja sama meningkatkan kualitas kinerja posyandu melalui penguatan kelembagaan pokjanal posyandu," ucap dr. Leli.

Caption :
Rapat Koordinasi Optimalisasi Peran Pokjanal Posyandu dalam Mewujudkan Posyandu Center of Excellence yang berlangsung di Ballroom Grand Santika Hotel, Jalan Cipanas Baru, Kecamatan Tarogong Kaler, Kabupaten Garut, Rabu (29/5/2024).
(Foto: Sofyan Fauzi/ Diskominfo Garut




Komentar
Isi Komentar